Pengaruh Beauty Influencer dan Story Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan pada Media Sosial

Meilin Sherly Anzaini, Livanny Anggreni, Nathania Evelyn Felicia, Rosalina Mettaritha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Beauty Influencer dan Story Instagram terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan pada Media Sosial. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik non-probability dengan pendekatan purposive dengan jumlah sampel adalah 100 responden. Data yang digunaka adalah data primer. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis menggunakan bantuan program SPSS dan koefisien determinasi. Hasil pengujian ini menyatakan bahwa pengaruh Beauty Influencer berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian produk Kecantikan pada Media Sosial, sedangkan Story Instagram tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian produk Kecantikan pada Media Sosial.

Keywords

Beauty Influencer, Story Instgaram, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References

Andrio, O. :, Pembimbing, H., Zulkarnain, :, & Taufiqurrahman, D. (n.d.). TERHADAP CITRA MEREK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI SHAMPOO PENTENE PADA MASYARAKAT KOTA PEKANBARU. In JOM Fekon (Vol. 4, Issue 1).

Audia, D. S., Jayawinangun, R., & Ferdinan, F. (n.d.). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK AIDI.ID (STUDI PADA FOLLOWERS INSTAGRAM AIDI.ID). https://tekno.tempo.co/read/869993/sentuh-

Fani, R., Annisa, M., & Yusran, H. L. (2022). Pengaruh Beauty Influencer Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image. 4(3).

Hakim, A., Simanjuntak, M., & Hasanah, N. (2021). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian di Instagram: Peran Trust sebagai Variabel Mediator. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 14(3), 296–309. https://doi.org/10.24156/jikk.2021.14.3.296

Kala’, F., Sudirman2, I., & Razak, A. (n.d.-a). Scientium Management Review EFFECT OF BRAND AMBASSADOR AND PRODUCT QUALITY ON PURCHASING DECISIONS WITH BRAND IMAGE AS AN INTERVENING VARIABLE (Case Study on Scarlett Whitening Product Users in Makassar City). Scientium Management Review, 1(3), 2022. https://wearesocial.com/

Kalangi, N. J., Tamengkel, L. F., Walangitan, O., Studi, P., Bisnis, A., Ilmu, J., Fakultas, A., Sosial, I., Politik, D., Sam, U., & Manado, R. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Clear. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1).

Kautsar, A. P., Widianto, S., Abdulah, R., & Amalia, H. (2012). Relationship of Consumer Involvement, Credibility of the Source of Information and Consumer Satisfaction on Purchase Decision of Non-Prescription Drugs. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 65, 449–454. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.147

Meidiarti, L., & Author, C. (2022a). ANALYSIS OF CELEBRITY ENDORSEMENTS IN SOCIAL MEDIA ON CONSUMER SATISFACTION THROUGH PURCHASE DECISIONS FOR SCARLETT WHITENING PRODUCTS (CASE STUDY IN BEKASI CITY). 3(6). https://doi.org/10.31933/dijemss.v3i6

Nabil, M. (2021). PENGGUNAAN FITUR INSTAGRAM STORIES SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE (STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @GRIIZELLE.ID). 2021(3), 16–30.

Panda, D., Masani, S., & Dasgupta, T. (2022). Packaging-influenced-purchase decision segment the bottom of the pyramid consumer marketplace? Evidence from West Bengal, India. Asia Pacific Management Review, 27(2), 145–153. https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2021.06.004

Pebrianti, A. R., Arisman, A., Lestari, S. P., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Perjuangan Tasikmalaya, U. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett whitening (Survei Online pada Konsumen Akun Instagram @Scarlet_whitening). Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12).

Pengaruh Beauty Influencer dan Perceived Price Fairness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare. (2023). Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen. https://doi.org/10.17358/jabm.9.1.305

PENGARUH REVIEWBEAUTY INFLUENCER DI INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PRODUK KECANTIKAN (SURVEI PADA MAHASISWI JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA). (n.d.).

PT, E., H, Y., Y, A., A, A., & J, S. N. afifah. (2023). A qualitative study among youth in Malaysia: What drives the purchase of roasted chicken products by young people seeking a better quality of life? Heliyon, 9(5). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15819

Recha Anjani, E., & Simamora, V. (n.d.). PENGARUH INFLUENCER, HARGA DAN KUALITAS PRODUK SKINCARE SCARLETT WHITENING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELI GENERASI Z, DKI JAKARTA. 6(3), 2022. https://compas.co.id/article/brand-skincare-

Sari Dewi, L. G. P., Edyanto, N., & Siagian, H. (2020). The Effect of Brand Ambassador, Brand Image, and Brand Awareness on Purchase Decision of Pantene Shampoo in Surabaya, Indonesia. SHS Web of Conferences, 76, 01023. https://doi.org/10.1051/shsconf/20207601023

Simbolon, F. P., Nurcholifa, R. A., & Safarina, M. (2022). The Influence of Using Instagram as a Promotional Media in Building Brand Awareness and Its Impact on Purchase Decision of Bulog Products in Shopee. Binus Business Review, 13(1), 57–66. https://doi.org/10.21512/bbr.v13i1.7917

The Influence of Instagram Ads, Celebrity Endorsers, and Product Quality on Purchase Intentions Through the Brand Image of Scarlett Whitening Products As an Intervening Variable. Ika Novaliana THE INFLUENCE OF INSTAGRAM ADS, CELEBRITY ENDORSERS, AND PRODUCT QUALITY ON PURCHASE INTENTIONS THROUGH THE BRAND IMAGE OF SCARLETT WHITENING PRODUCTS AS AN INTERVENING VARIABLE Ika Novaliana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nganjuk. (2023a). http://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi

Denada Octabella, D., Dwiyanti, S., Usodoningtyas, S., & Sinta Megasari, D. (2021). REVIEW BEAUTY INFLUENCER DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN TERHADAP PEMILIHAN PRODUK KOSMETIK KECANTIKAN DI SURABAYA (Vol. 10). www.sociabuzz.com

Fani, R., Annisa, M., & Yusran, H. L. (2022). Pengaruh Beauty Influencer Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image. 4(3).

Fatin Oktaviani, E., Hasanah, R., Sos, S., & Si, M. (n.d.). PENGARUH KREDIBILITAS ENDORSER RACHEL VENNYA TERHADAP MINAT BELI SCARLETT WHITENING THE INFLUENCE OF RACHEL VENNYA CELEBRITY CREDIBILITY ON SCARLETT WHITENING BUYING INTEREST.

Fitriana, R., Suprehatin, D., Agribisnis, S., Pascasarjana, S., & Pertanian Bogor, I. (2018). APLIKASI THEORY OF PLANNED BEHAVIOR DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUSU CAIR DALAM KEMASAN PADA MAHASISWA INDONESIA DAN MALAYSIA. Jurnal Agribisnis Indonesia, 6(2), 143–152. http://journal.ipb.ac.id/index.php/jagbi

Gunadarma, U., & Fathoni, A. A. (n.d.). Pengaruh Penggunaan Fitur Instagram Stories dan Interface Design Instagram Terhadap Kepuasan Menggunakan Instagram Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi.

Hakim, A., Simanjuntak, M., & Hasanah, N. (2021). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian di Instagram: Peran Trust sebagai Variabel Mediator. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 14(3), 296–309. https://doi.org/10.24156/jikk.2021.14.3.296

Khotimah, H., Khafid, M., & Pujiati, A. (2016). SIKAP KONSUMEN DAN GAYA HIDUP MAHASISWA DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION MELALUI MINAT BELI Info Artikel. In JEE (Vol. 5, Issue 2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jeec

Mega Sayang Puspitayani, L., & Fredy Maradona, A. (n.d.). INSTASTORY INSTAGRAM DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE. 7(1), 2023.

Nabil, M. (2021a). PENGGUNAAN FITUR INSTAGRAM STORIES SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE (STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @GRIIZELLE.ID). 2021(3), 16–30.

Nathania, F., Caroline, B. M., Program, F. A., Perhotelan, M., Manajemen, S., Bisnis, F., & Ekonomi, D. (n.d.). PENGARUH INSTAGRAM TERHADAP MINAT MENGUNJUNGI TEMPAT WISATA DI INDONESIA.

Pengaruh Beauty Influencer dan Perceived Price Fairness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare. (2023). Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen. https://doi.org/10.17358/jabm.9.1.305

PENGARUH PENGGUNAAN FITUR INSTAGRAM STORIES TERHADAP PENGUNGKAPAN DIRI SISWA SMP N 1 SIDOHARJO

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERUBAHAN POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL REMAJA DI SIDOARJO SKRIPSI. (n.d.).

PENGARUH REVIEWBEAUTY INFLUENCER DI INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PRODUK KECANTIKAN (SURVEI PADA MAHASISWI JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA). (n.d.).

Simbolon, F. P., Nurcholifa, R. A., & Safarina, M. (2022a). The Influence of Using Instagram as a Promotional Media in Building Brand Awareness and Its Impact on Purchase Decision of Bulog Products in Shopee. Binus Business Review, 13(1), 57–66. https://doi.org/10.21512/bbr.v13i1.7917

Untuk, D., Persyaratan, M., Memperoleh, G., Sarjana, G., Komunikasi, I., Fakultas, P., Dan, P., & Sosial Budaya, I. (n.d.). FOLLOWERS INSTAGRAM BAKPIA TUGU JOGJA SKRIPSI.

Yunita, D., Widad, A., Diah, Y. M., & Farla, W. (2021). Pembuatan Content Marketing sebagai Strategi Menumbuhkan Brand Awareness bagi Pelaku Usaha di Era Pandemi Covid-19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2), 89–96. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i2.38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.