Optimalisasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar: Panduan Komprehensif Untuk Mengembangkan RPP Efektif Kurikulum 2013
Abstract
Artikel ini menggali secara mendalam tentang pengembangan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Matematika untuk Sekolah Dasar (SD). Dengan fokus pada materi pelajaran Matematika, penelitian ini bertujuan untuk memberikan panduan komprehensif kepada guru-guru SD dalam merancang RPP yang efektif dan sesuai dengan kurikulum terkini. Artikel ini membahas langkah-langkah sistematis untuk merancang RPP yang menarik, relevan, dan memotivasi siswa untuk belajar matematika dengan baik. Pembahasan mencakup strategi pengajaran inovatif, penggunaan sumber daya pembelajaran yang tepat, dan penerapan pendekatan yang mendukung pembelajaran aktif. Dengan mengintegrasikan teknologi dan metode pembelajaran berbasis proyek, artikel ini memberikan wawasan tentang bagaimana guru dapat meningkatkan kualitas pengajaran matematika di tingkat SD melalui pengembangan RPP yang matang. Hasil penelitian ini diperoleh dengan metode penelitian berbasis kajian literatur.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alanduja, Ozy V. 2021 Januari 31. Begini Cara Meracik Tujuan Pembelajaran dengan Mengadopsi Formula "SMART". kompasiana.com. Diakses pada 2023 Desember 04. https://www.kompasiana.com/ozzyalandikzz/60164249d541df660a36b352/begini-cara-meracik-tujuan-pembelajaran-dengan-mengadopsi-formula-smart
Destiana, D., Suchyadi, Y., & Anjaswuri, F. (2020). Pengembangan instrumen penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran produktif di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(2), 119-123.
Harahap, M. Nawi. 2015 Juli 29. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dalam Kurikulum 2013. kompasiana.com. Diakses pada 2023 Desember 04. https://www.kompasiana.com/mnawiharahap/55b86a3c92fdfd220738f918/kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-dalam-kurikulum-2013
KI dan KD Matematika SD/MI Rujukan Guru. 2022 Maret 01. Cipta Cendekia : Bimbingan Belajar Era Digital. Diakses pada 2023 Desember 2023 https://ciptacendekia.com/ki-dan-kd-matematika-sd-mi-yang-diperlukan-guru/
Kurnia, M. C. A. D. (2017). Penerapan PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) pada Aktivitas Belajar Siswa Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikas (TIK) Kelas XI: Studi Kasus SMA Negeri 1 Tuntang (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer FTI-UKSW).
Latip, A. E. (2018). Evaluasi Pembelajaran di SD dan MI.
Lubis, M. A. (2020). Perencanaan Pembelajaran Di SD/Mi Dilengkapi Tutorial Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013.
Mayasari, D. (2020). Program Perencanaan Pembelajaran Matematika. Deepublish.
Naem M. Alamri, "The Implementation of the Lesson Study Strategy in Teaching Mathematics: Teachers’ Perspectives", Education Research International, vol. 2020, Article ID 1683758, 8 pages, 2020. https://doi.org/10.1155/2020/1683758
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
Perbedaan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. 2021 Juli 17. gurubagi.com. Diakses pada 2023 Desember 04 https://gurubagi.com/perbedaan-kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-kurikulum-2013/
Yuliananingsih. (2020). Kegiatan Tindak Lanjut Dalam Pengembangan Asesmen Pembelajaran di MI. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar. 4(1):17-30. Diakses pada 2023 Desember 2023 https://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/download/391/273/
Refbacks
- There are currently no refbacks.