Dampak Ekonomi Digital Terhadap Perilaku Konsumen Pada Era Pandemi Covid-19

Viona Azzahra, Leni Oktopiani, Farida Hanifah, Ivan Darmawan

Abstract

Ekonomi digital, yang didorong oleh kemajuan dalam teknologi informasi dan komunikasi, telah mengubah bisnis dan mempengaruhi pola perilaku konsumen. Perubahan perilaku konsumen menuju ekonomi digital dipercepat oleh pandemi COVID-19. Kebutuhan akan keamanan dan kenyamanan selama lockdown, pembayaran digital dan belanja online menjadi pilihan utama. Media sosial membantu bisnis bertahan hidup sebagai alat strategis untuk penjualan dan interaksi. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan dampak ekonomi digital terhadap perilaku konsumen pada saat pandemi COVID-19. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa Pandemi COVID-19 telah merubah pola perilaku konsumen konvensional yang memaksa individu untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru. Hal ini mengindikasikan, bahwa telah terjadi pergeseran yang signifikan dalam perilaku konsumen dengan meningkatnya preferensi untuk belanja online dan transaksi digital. Pergeseran ini dapat dikaitkan dengan ketakutan tertular virus melalui interaksi fisik dan kemudahan yang ditawarkan oleh platforme-commerce.

Keywords

Ekonomi Digital, Pandemi COVID-19, Perilaku Konsumen

Full Text:

PDF

References

Achmad, D. S. (2020). Perubahan Perilaku Konsumen di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Studi Konsumen Indonesia, 2(1), 12-20.

Kumala, S. L. (2021). Perkembangan Ekonomi Berbasis Digital Di Indonesia. Journal of Economics and Regional Science, 1(2), 109–117. https://doi.org/10.52421/jurnal-esensi.v1i2.190

Mahbubah, I., & Putri, S. Y. (2021). Dampak Perubahan Perilaku Konsumen Saat Pandemi Covid-19 Pada Peningkatan Penjualan Bisnis E-Commerce Di Kabupaten Sumenep. Behavioral Accounting Journal, 4(1), 239-248.

Maharani, S., & Ulum, M. (2020, February). Ekonomi Digital: Peluang Dan Tantangan Masa Depan Terhadap Ekonomi Syariah Di Indonesia. In Conference on Islamic Studies FAI 2019 (pp.1-11).

Maria, N. S. B., & Widayati, T. (2020). Dampak perkembangan ekonomi digital terhadap perilaku pengguna media sosial dalam melakukan transaksi ekonomi. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 6(2), 234-239.

Putra, A. R. (2021). Maraknya Platform E-commerce di Indonesia. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 5(2), 45-54.

Rachmawati, N. A. (2020). Beradaptasi dengan Ekonomi Digital: Strategi untuk Bisnis. Jurnal Pemasaran Indonesia, 6(1), 34-45.

Rifai, D., Fitri, S., Ramadhan, I. N., & Ramadan, R. (2022). Perkembangan ekonomi digital mengenai perilaku pengguna media sosial dalam melakukan transaksi. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(1), 49-52.

Sari, N. A. (2019). Pengaruh perkembangan ekonomi digital terhadap pendapatan pelaku usaha UMKM di Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Wijaya, A. D. (2020). Adopsi Aplikasi Pembayaran Mobile di Indonesia. Jurnal Sistem Informasi Indonesia, 8(1), 78-89.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.