Pengaruh Model PBL Berbantu Media Geoboard Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD

Ezadya Anania Swasti Putri, Ferdyan Hanif Katsirun Nawwal, Izmi Nursyamsiyah, Bernadetta Dewi Listyaningrum, Novemia Winar Utama, Trimurtini T

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Podorejo pada tahun ajaran 2023/2024 dengan menerapkan model PBL berbantu media geoboard. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus terdiri atas beberapa tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini yakni peserta didik kelas IV SDN 2 Podorejo dengan jumlah 27 orang. Instrumen penelitian ini berupa tes isian dan observasi. Hasil penelitian PTK ini menunjukkan hasil belajar pengetahuan pada siklus I dengan ketuntasan 66,7% meningkat pada siklus II yakni 81,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model PBL berbantu media geoboard dapat meningkatkan hasil belajar pada materi luas dan keliling persegi dan persegi panjang. (1) Penelitian penerapan model pembelajaran Problem Based Learning ini dapat digunakan pada materi-materi pembelajaran yang lain. (2) Penelitian ini perlu ditindaklanjuti dengan menggunakan media inovatif lainnya agar siswa lebih termotivasi dan tertarik dengan pembelajaran.

Keywords

Hasil Belajar, Matematika, PBL, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References

Devita, Sasamu. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD. Inpres Lahendong. Jurnal: Portal Garuda, 3, 1–2.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47.

Gd. Gunantara. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014).

Indarwati, D., Wahyudi, W., & Ratu, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning untuk Siswa Kelas V SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 30(1), 17-27.

Ismiyati. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas V SD Negeri Kauman Kidul Salatiga Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016.

Janah, F. N. M., Sulasmono, B. S., & Setyaningtyas, E. W. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1).

Meinisa, Albi & Wasitohadi. (2019) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Puzzle di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 27-37.

Mudiana, I. G., Bayu, I. W., & Aspini, N. A. (2021). Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 383-392.

Yuniawardani, V. (2018). Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning Kelas IV SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 1(2), 24-32.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.