Penggunaan Media Audio-Visual Berbantu Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SD Negeri 4 Krajankulon

Ezadya Anania Swasti Putri, Pipit Hima Puspita, Nur Indah Wahyuni, Surani S

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas I SDN 4 Krajankulon tahun ajaran 2023/2024 melalui penggunaan media audio visual berbantuan Powerpoint. Penelitian ini merupakan penelitian kegiatan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus ini terdiri dari beberapa tahap yaitu merencanakan, melaksanakan, mengamati, dan merefleksikan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I SDN 4 Krajankulon yang berjumlah 24 orang. Instrumen penelitian ini adalah tes isian dan observasi. Hasil penelitian PTK ini menunjukkan hasil belajar pada Siklus I sebesar 83,3% dan meningkat menjadi 100% pada Siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual menggunakan powerpoint meningkatkan hasil belajar pada materi aku patuh pada aturan. (1) Penelitian penggunaan media audio visual dapat diintegrasikan ke dalam materi pembelajaran lainnya. (2) Penelitian ini perlu dilengkapi dengan penggunaan media inovatif lainnya untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar peserta didik.

Keywords

Sekolah Dasar, Media, Powerpoint, Hasil Belajar Peserta Didik

Full Text:

PDF

References

Ahdar, A., & Wardana, W. (2019). Belajar dan pembelajaran: 4 pilar peningkatan kompetensi pedagogis.

Damitri, Dea Elvina. (2020). Keunggulan media powerpoint berbasis audio visual sebagai media presentasi terhadap hasil belajar siswa SMK teknik bangunan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan. 06, 1-7.

Hikmah, S. N., Maskar, S., & Indonesia, U. T. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Microsoft

Nurillahwaty, E. (2022, December). Peran Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. In Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang (Vol. 1, pp. 81-85).

Rohima, N. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa.

Sudiman, A., Raharjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2009). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Rajagrafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2001. Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Susanti, S., & Zulfiana, A. (2018). Jenis–jenis media dalam pembelajaran. Jenis–Jenis Media Dalam Pembelajaran, 1-16.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Invotif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.

Ulfah, Amaliyah. (2013). Membangun Kemandirian Guru dalam Menghadapi Perubahan. Warta Utama: Universitas Ahmad Dahlan

Wulandari, E. (2022). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Dalam Hybrid Learning. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 26-32.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.