Implementasi Model Pembelajaran PBL dengan Bantuan Media Powepoint dan Video Pembelajaran pada Materi Pengukuran Satuan Kelas III SD Kanisius Beringin
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran PBL dengan bantuan media powerpoint dan vidio pembelajaran pada materi pengukuran satuan untuk siswa kelas III SD Kanisius Beringin. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif dengan penggunaan metode Case Study atau studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PBL dengan media PowerPoint dan video pembelajaran dapat meningkatkan ketertarikan dan pemahaman siswa terkait materi pengukuran satuan, Peserta didik terlihat aktif dan antusias bekerja sama dalam kelompok,mengerjakan LKPD,mengkoreksi LKPD, dan evaluasi bersama dengan hasil peserta didik sudah memahami materi yang diajarkan. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran matematika materi satuan panjang berhasil untuk diterapkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dryden, G & Vos, J. (2001). Revolusi Cara Belajar. Bandung : Kaifa.
Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Siswono, T. Y. E. (2012, November). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Hal (pp. 1-12).
Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10.
Widiasworo, E. (2018). Strategi pembelajaran edu tainment berbasis karakter (1st ed.). Yogyakarta, Indonesia: Ar-Ruzz Media
Mudiana, I. G., Bayu, I. W., & Aspini, N. A. (2021). Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 383-392
Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83-91.
Perdana, E. F. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Pengukuran Siswa Sd N 3 Pengasih Dengan Realistic Mathematics Education. Basic Education, 7(38), 3-819.
Retnawati, H. (2018). Peran pendidikan matematika dalam memajukan kualitas sumber daya manusia guna membangun bangsa. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta (pp. 8-17).
Refbacks
- There are currently no refbacks.