Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan di E-Commerce Menggunakan Variabel Mediasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan di E-Commerce Menggunakan variabel Mediasi.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling.Target dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah berbelanja produk kecantikan pada aplikasi E-commerce.Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian produk kecantikan melalui aplikasi e-commercee berdasarkan kepercayaannya terhadap online customer review .Teknik pengambilan data menggunakan kuisioner 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas,uji reabilitas,uji multikolniearitas,uji asumsi klasik,analasis jalur, koefesien determinasi,Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan software SPPS . Hasil pengujian ini menyatakan bahwa(1) Online Customer Review berpengaruh Positif terhadap kepercayaan pada konsumen dalam membeli produk kecantikan pada aplikasi e-commercee(.2). Kepercayaan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian e- commerce. (3) Online Customer Review berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk kecantikan pada aplikasi e-commercee.(4) Kepercayaan memediasi pengaruh Online Customer Review terhadap keputusan pembelian produk kecantikan pada aplikasi e-commercee .
Keywords
Full Text:
PDFReferences
ariyanto, H., Hariyanto, H. T., & Trisunarno, L. (2021). Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian pada Toko Online di Shopee. Jurnal Teknik ITS, 9(2), A234–A239. https://doi.org/10.12962/j23373539.v9i2.56728
Rabila NH, Y. (2023). Pengaruh Rating dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian di E-commerce Shopee. http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/116409
Febriana, M., & (Hariyanto et al., 2021)Yulianto, E. (2018). Pengaruh Online Consumer Revew Oleh Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2014/2015 Dan 2015/2016 Yang Membeli Dan Menggunakan Purbasari Matte Lipstick). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 58(1), 1–9
Puspitasari, D., & Marlena, N. (2021). Beauty Vlogger Sebagai Moderasi Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1335–1341.
Setyani, A. H., & Azhari, M. Z. (2020). Pengaruh Korean Wave Dan Ulasan Online Terhadap Minat Beli Produk Skin Care Korea Selatan. 4(58), 67–74.
Farki, A., & dkk. (2016). Pengaruh online customer review dan rating terhadap kepercayaan dan minat pembelian pada online marketplace di indonesia. Jurnal Teknik Its, 5(2)
Fauzi, S., & Lina, L. F. (2021). Peran Foto Produk, Online Customer Review, Online Customer Rating pada Minat Beli Konsumen Di E-Commerce. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1).
Ichsan, M., Jumhur, H. M., & Dharmoputra, S. (2018). Pengaruh Consumer Online Rating and Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia Di Wilayah Dki Jakarta. E Proceeding of Management, 5(2), 1828–1835.
Elwalda, A., Lü, K., & Ali, M. (2016). Perceived derived attributes of online customer reviews. Computers in Human Behavior, 56, 306–319. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.11.051
Wiyono, Haryanto, & KB, D. H. (2017). Perilaku Impulse Buying Konsumen Retail. Sustainable Competitive Advantage-7 (SCA-7) FEB UNSOED, 211-219.
Febriana, M., & Yulianto, E. (2018). Pengaruh Online Consumer Revew Oleh Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2014/2015 Dan 2015/2016 Yang Membeli Dan Menggunakan Purbasari Matte Lipstick). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 58(1), 1–9
Kuncoro, M. (2013). Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi. Edisi empat. Erlangga.
Setyani, A. H., & Azhari, M. Z. (2020). Pengaruh Korean Wave Dan Ulasan Online Terhadap Minat Beli Produk Skin Care Korea Selatan. 4(58), 67–74.
Farki, A., & dkk. (2016). Pengaruh online customer review dan rating terhadap kepercayaan dan minat pembelian pada online marketplace di indonesia. Jurnal Teknik Its, 5(2).
Fauzi, S., & Lina, L. F. (2021). Peran Foto Produk, Online Customer Review, Online Customer Rating pada Minat Beli Konsumen Di E-Commerce. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1).
Ichsan, M., Jumhur, H. M., & Dharmoputra, S. (2018). Pengaruh Consumer Online Rating and Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia Di Wilayah Dki Jakarta. E Proceeding of Management, 5(2), 1828–1835.
Elwalda, A., Lü, K., & Ali, M. (2016). Perceived derived attributes of online customer reviews. Computers in Human Behavior, 56, 306–319. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.11.051
Wiyono, Haryanto, & KB, D. H. (2017). Perilaku Impulse Buying Konsumen Retail. Sustainable Competitive Advantage-7 (SCA-7) FEB UNSOED, 211-
Refbacks
- There are currently no refbacks.