Peningkatan Pemahaman Pembelajaran PKN Melalui Model Pembelajaran PBL Pada Peserta Didik Kelas 1 SDN Srondol Kulon 01

Astlanandita Fiska Azzahra, Novemia Winar Utama, Nur Indah Wahyuni, Fitrianawati F

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) pada siswa kelas 1 SDN Srondol Kulon 01 dengan menerapkan Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL). Fokus utama penelitian ini adalah menjawab tantangan pemahaman konsep kewarganegaraan pada siswa kelas 1 dengan mengadaptasi metode pembelajaran sesuai dengan perkembangan kognitif dan emosional mereka. Dalam penelitian ini, Model PBL diimplementasikan sebagai strategi inovatif dengan harapan dapat meningkatkan minat, kreativitas, dan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran PKN. Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan dengan empat tahap: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dengan melibatkan 28 siswa kelas 1, hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman materi PKN setelah menerapkan PBL melalui media Game Quizizz. Siklus pertama mencatat peningkatan rata-rata sebesar 29%, menunjukkan respons positif terhadap strategi pembelajaran ini. Siklus kedua memperlihatkan rata-rata kemampuan kognitif mencapai 85%, mengonfirmasi efektivitas PBL dalam meningkatkan pemahaman. Artikel ini juga memberikan gambaran langkah-langkah konkret yang diambil oleh SDN Srondol Kulon 01 dalam mengintegrasikan PBL ke dalam kurikulum PKN kelas 1, memberikan panduan praktis bagi pendidik lain yang ingin memperkaya metode pembelajaran di kelas 1 SD. Meskipun menggunakan Quizizz memiliki kelebihan dalam mengukur penguasaan materi secara online, kelemahan terkait ketersediaan jaringan internet di tempat pembelajaran.

Keywords

Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL), Peningkatan Pemahaman Pendidikan Kewarganegaraan (PKN), Pendidikan pada Kelas 1 SDN Srondol Kulon 01

Full Text:

PDF

References

Sari, P. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Pancasila. Yogyakarta: Deepublish.

Saptoto, R. ( 2021). Filsafat Pendidikan Pancasila. Malang: Zifatama Jawara.

Tae, L. F., Ramdani, Z., & Shidiq, G. A. (2019). Analisis tematik faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam pembelajaran sains. Indonesian Journal of Educational Assessment-Vol, 2(1).

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47.

Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem based learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082-1092.

Ritonga, M. (2021). Studi Literatur Efektivitas Model Pembelajaran Simulasi Digital. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 2(1), 63-70.

Kurniawan, M. W., & Wuryandani, W. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PPKn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1), 10-22.

Sukerteyasa, I. P. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Peserta Didik Melalui Penerapan Model PBL Pada Materi Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia Di Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Denpasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 81-88.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.