Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV

Nila Sari Ningsih, Fatma Rosalina, Nur Indah Wahyuni, Anysatul Chayati

Abstract

Permasalahan-permasalahan yang terjadi di dunia pendidikan bukanlah hal yang asing lagi. Permasalahan dalam dunia pendidikan sendiri mewakili beberapa aspek yang mungkin antara satu sekolah dengan sekolah yang lain berbeda, baik dalam tingkatan sekolah yang sama maupun yang berbeda pula. Dalam penelitian ini masalah yang diangkat yaitu terkait model pembelajaran yang digunakan di sekolah dasar dimana dalam menerapkan model pembelajaran, sekolah maupun guru yang bersangkutan masih menerapkan model pembelajaran yang konvensional berbasis ceramah. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SD Negeri Bendungan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu  melalui wawancara dan pemberian soal tes. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif dapat meningkatkan pemahaman siswa di kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan memiliki dampak yang positif terhadap motivasi belajar siswa meskipun terdapat beberapa kendala dalam mengkondisikan peserta didik untuk kondusif.

Keywords

efektivitas, Problem Based Learning (PBL), pemahaman siswa

Full Text:

PDF

References

Biatun, Noor. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HAK DAN KEWAJIBANMASYARAKAT SEBAGAI WARGA NEGARA KELAS VB MIN 2 BANTUL SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2019/2020 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Civic Education And Social Science Journal (CESSJ). 2(2), 60-81.

Wahyu Ariyani, O., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1149–1160.

Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016–2024.

Pramistyasari, A. (2022). UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP NILAI-NILAI PANCASILA MENGGUNAKAN MODEL PROBEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS 5 SD SABDODADI KEYONGAN. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 2(2), 81-85.

Sufianti, A. V. (2022). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN KELAS IV SD. SEHRAN (Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kewarganegaraan), 1(1), 1–10.

Sari, R. P., Zuardi, Z., Reinita, R., & Zikri, A. (2020). PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN Pkn DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 4(1), 221–227.

Nurrohim, N., Suyoto, S., & Anjarini, T. (2022). PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI . SITTAH: Journal Of Primary Education, 3(1), 60–75.

Setyabrata, I. B., Sholikhah, I. H., Satdewo, S. (2023). Implementasi PBL Dalam Pembelajaran KUMER Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA). 2(1), 105-112.

Suharyati, Teti., Arga, H. S. P. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ppkn Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan (JPP). 2(1), 45-53.

Husadati, S. F. D., Saputro, B. A., & Intafa’ah. (2023). 69. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas IV SDN Angkatan Lor 03 . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 622–633.

Pambudi, A. A., Prasetyowati, D., & Utami, S. (2023). 22. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD 1 Panjang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 178–188.

Junaedi, J. (2021). Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 704–708.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.