Implementasi Model Project Based Learning Berbasis Media Kantong Penjumlahan dan Flipbook Pada Materi Penjumlahan Kelas I Sekolah Dasar Negeri Kalibanteng Kidul 01

Wahyu Utami, Alya Putri Maradika Ningrum, Namira Wahani, Evi Pratiwi, Dyah Rahmah Yulianti, Nur Aini Insyirotun Nisa, Trimurtini T, Utaminingsih U

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan yang dialami oleh guru dalam membelajarkan materi penjumlahan yaitu guru kesulitan menjelaskan materi yang bersifat lebih konkret pada peserta didik. Di sisi lain peserta didik juga mengalami permasalahan dikarenakan belum mampu memahami materi penjumlahan sehingga hasil belajar beberapa peserta didik belum mencapai ketuntasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi model project based learning materi penjumlahan Kelas I dengan pendayagunaan media kantong penjumlahan dan flipbook dan pengaruhnya terhadap terhadap pemahaman materi penjumlahan dan hasil belajar peserta didik. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas I SD Negeri Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang yang berjumlah 28 peserta didik. Masing-masing terdiri dari 12 peserta didik laki-laki serta 16 peserta didik perempuan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan model project based learning materi penjumlahan Kelas I dengan pendayagunaan media Kantong Penjumlahan dan Flipbook pada kelas I SDN Kalibanteng Kidul 01 kota Semarang memberikan kemudahan peserta didik untuk memahami materi penjumlahan dan terdapat perubahan peningkatan hasil belajar materi penjumlahan yang dilihat dari perbandingan nilai pretest dan posttest dengan peningkatan, yaitu dari 92,9% menjadi 100%.

Keywords

PjBL, Materi Penjumlahan, Kantong Penjumlahan, Flipbook, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References

Anggara, M., & Samsudin, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Mengetahui Gambaran Pemahaman Konsep Penjumlahan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Model Project Based Learning, Pemahaman Konsep Penjumlahan, Siswa Kelas 1 Sd. Sebelas April Elementary Education, 2(1), 62-71.

Anggraeni, P. N., Miyono, N., & Setyawati, R. D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Materi Penjumlahan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Tlogosari Kulon 01 Semarang. As-Sabiqun, 5(3), 695–703. Https://Doi.Org/10.36088/Assabiqun.V5i3.3281

Bariyah, I. L. N., & Sugandi, M. K. (2022, October). Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Konsep Ekosistem. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 4, Pp. 135- 144).

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Kelas Ix Pada Materi Bangun Datar. Sjme (Supremum Journal Of Mathematics Education), 2(2), 77–83. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.1405906

Hartati, L., Suhendri, H., & Nurhayati, N. (2021). Peningkatan Keterampilan Matematis Siswa Melalui Inovasi Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Berdaya Mandiri, 3(2), 698-707.

Indarwati, Y., & Ambarwati, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Materi Penjumlahan Kelas 1. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1965-1995.

Kundarsih, S., & Santoso, S. (2022). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Kantong Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I Sd. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(1), 140-147.

Kundarsih, S., Su’ad, S., & Santoso, S. (2022). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Kantong Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I Sd. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(1), 140. Https://Doi.Org/10.33578/Pjr.V6i1.8339

Meidina, E. (N.D.). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Melalui Bahan Daur Ulang Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sdn 4 Menteng Palangka Raya.

Pitaloka, D., Mas' An Al Wahid, S., & Noer, R. Z. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Berbantuan Medi a kantong Bilangan. Mathematics Education And Application Journal (META), 4(1), 26- 36.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Ratnasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan media kantong bilangan terhadap hasil belajar matematika penjumlahan bilangan secara bersusun. Basic education, 5(27), 2-571.

Sundayana, Rostina. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Afabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Sistem pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.

Utami, N. A., & Humaidi, H. (2019). Analisis Kemampuan Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Pada Siswa SD. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 39-43.

Vikiantika, A., Primasatya, N., & Erwati, Y. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Penggerak pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Media Pembelajaran Berbasis Flipbook. Jurnal Basicedu, 6(2), 2002–2013. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2328

Warliah, Y. (2022) Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan 1 sampai 20 melalui Penggunaan Alat Peraga Siswa Kelas 1 SD Negeri Palasah.

Widiastuti, E. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Dalam Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Sampai Angka 20 Dengan Menggunakan Permainan Bola Keranjang Siswa Kelas 1 SD Negeri Kaliangkrik I. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 2(11), 1323-1336.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.