Penggunaan Headset Sebagai Alat Komunikasi Pada Kehidupan Sehari-Hari Remaja
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi pemanfaatan teknologi, khususnya alat bantu headset, dalam konteks komunikasi remaja selama masa pandemi COVID-19. Paradigma konstruktivisme digunakan untuk memahami fenomena sosial budaya dalam kehidupan sehari-hari remaja. Melalui metode analisis kualitatif, penelitian ini menyoroti peran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam mendukung pembelajaran jarak jauh dan mengatasi hambatan komunikasi selama pandemi. Hasil wawancara dengan remaja menunjukkan bahwa penggunaan headset memberikan manfaat praktis, seperti mempermudah interaksi sosial dan meningkatkan konsentrasi belajar. Namun, juga ditemukan dampak negatif, seperti risiko kesehatan dan perubahan pola perilaku. Kesimpulannya, penggunaan bijak headset perlu disosialisasikan, dengan penerapan batasan waktu oleh orang tua, sementara penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami dampak jangka panjangnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2021). Media Komunikasi dalam Mendukung Penyebarluasan Informasi Penanggulangan Pandemi Covid-19. Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 2(1), 73–82. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/mkm/article/view/4099
Anggraeni, P. N., Syafa Herdiani, Tin Rustini, & Muh. Husen Arifin. (2022). Pengaruh Kemajuan Teknologi Komunikasi Terhadap Perkembangan Sosial Anak. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 14(1), 144–147. https://doi.org/10.37304/jpips.v14i1.4743
Bogdan dan Taylor.(2010). Dalam J. Moleong, Lexy.1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pemadja Karya. Hlm 4.
Bungin, B. (2006). Sosiologi Komunikasi Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Fachriyah, E., Santi, E. T., & Badriyah, R. D. M. (2022). Fenomena Linguistik dalam Realitas Sosial Budaya di Era Covid-19. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 13–24. https://doi.org/10.30656/lontar.v10i1.4541
Groat, L. N., and Wang, D. (2013). Architectural research methods second edition. New York: J. Wiley and Sons, Inc.
Hulkarimah, U. (2022). Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Jurnal Fakultas Kedokteran Universitas Andalas 1, 2007, 6–9. http://scholar.unand.ac.id/61716/2/2. BAB 1 (Pendahuluan).pdf
Juditha, C. (2020). Dampak Penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi Terhadap Pola Komunikasi Masyarakat Desa (Studi Di Desa Melabun, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung). Jurnal PIKOM (Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan), 21(2), 131. https://doi.org/10.31346/jpikom.v21i2.2660
Listiana, I., Hasan, M., & Rosmayati, W. (2021). Determinan Tingkat Pengetahuan Tentang Risiko Pemakaian Headset Dengan Sikap Penggunaan Headset Pada Mahasiswa. Edu Masda Journal, 5(1), 89. https://doi.org/10.52118/edumasda.v5i1.119
Medina, A. (2018). Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang. Skripsi Universitas Muhammadiyah Malang, 45–54.
Moleong, L.J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moleong, L.J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nadifa, A., Rofii, A., Noor, Z., Illiandri, O., & Marisa, D. (2022). Hubungan Penggunaan Earphone terhadap Derajat Keluhan Gatal pada Telinga. Homeostasis, 5(2), 247. https://doi.org/10.20527/ht.v5i2.6268
.Yin, R. K. (2009). “Case Study Research: Design and Method†(4rd ed.). California: Sage Publications, Inc.
Angell, R. F., Matthews, B. Jr, Hetherington, C. M., Chester, K., Blinkhorn, S., & Owen, K. (2016). Bluetooth wireless headsets: Discomfort and interference with use. The University of Sydney, Sydney, Australia.
Arnett, J. J. (2000). Emerging adulthood: A theory of development from the late teens through the twenties. American psychologist, 55(5), 469.
Beninger, K., Fry, A., Jago, N., Lepps, H., Nass, L., & Silvester, H. (2014). Research using social media; users’ views. Nature Publishing Group, 1(1), 1-7.
Indrayana, B., Dwipayanti, N. M. U., & Christian, H. (2018). Mindfulness untuk Menurunkan Stres pada Remaja. Jurnal Psikologi Udayana, 5(2), 262-273.
Katevas, K., Gonidis, A., Goverkos, G., & Spandoudaki, E. (2020). Long term music listening through headphones/ear buds and mental health outcomes: An exploratory study. International journal of audiology, 59(10), 787-797.
Lim, A. Y. H., Teo, J., Osman, K., & Tao, K. F. (2022). Music listening habits and tinnitus among youths in Singapore: prevalence and patterns survey. International journal of audiology, 1-13.
Litman, M., Rustad, F., Lillebø, A. S., Dyrli, M. E., Hall-Lord, M. L., Reitan, S. K., ... Provoost, S. (2022). The Relationship Between Personal Sound Technology Listening Habits and Symptoms in Mental Health, Hearing, and Tinnitus in Norwegian Adolescents. Frontiers in psychology, 13, 962186–962186.
Liu, D., Bai, H., & Huang, Y. (2019). Online Learning Self-Efficacy in College Students: Instrument Development and Validation. International Journal of E-Learning & Distance Education, 34(2).
Papandrea, M. (2019). Communication technology update and fundamentals. Routledge.
Pierini, D., & Simone, A. (2022). Headphone Use While Walking or Riding a Bicycle: Risk Compensation in Young Active Road Users. Safety, 8(1), 16.
Purnamasari, I. (2022). Emerging Adulthood: Masa Tranformasi Menuju Masa Dewasa. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 101-110.
Putri, R. S., Wijanarko, Y., & Lindawati, L. (2022). Perilaku Penggunaan Gadget dan Dampaknya Terhadap Interaksi Sosial Remaja. Social Work Journal, 12(1), 31-40.
Rakhmatia, T. N., Ramdhani, N., & Setiani, R. (2021). Gamification Approach dalam Pembelajaran Statistika pada Siswa SMA Kelas X. Desimal: Jurnal Matematika, 4(2), 233-244.
Sunarti, E., Widodo, S. A., & Maria, U. L. (2019). Perkembangan sosial, emosi dan kepribadian remaja. JPPP (Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi), 8(1), 35-42.
Wijaya, M. T., & Ananda, R. (2019). Perilaku Berisiko Penggunaan Media Player dan Headset Terhadap Gangguan Pendengaran Siswa SMA (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Zhao, Y., Niu, G., Hou, H., Zeng, L., Xu, F., Peng, K., & Yu, F. (2021). Online education during the COVID-19 pandemic: examination of perception of learning environmental quality, students' academic self-efficacy and continuous learning intention in china. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 18(1), 1-18.
Refbacks
- There are currently no refbacks.