Implementasi Project Based Learning (PJBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 2 Pada Materi Durasi dan Waktu di SD Negeri Purwoyoso 03

Leny Amalia, Ilya Ni’matuzzahro, Eni Kumalasari, Putri Fajri Ma'wa, Risma Ika Nurhidayah, Trimurtini T

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di kelas 2 dalam pembelajaran matematika materi durasi dan waktu. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas 2A ditemukan permasalahan atau kesulitan peserta didik dalam materi durasi dan waktu yaitu berkaitan dengan menentukan jam di waktu siang, malam, dan lamanya waktu. Maka dipilihlah model Project Based Learning yang memiliki keunggulan salah satunya peserta didik dapat mengerjakan proyek sambil belajar. Tujuan penelitian ini guna mendeskripsikan implementasi model Project Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 2 pada materi durasi dan waktu di SD Negeri Purwoyoso 03. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data tes berupa pretest dan posttest dan non tes berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di SD Negeri Purwoyoso 03 dengan subjek peserta didik kelas 2A yang terdiri dari 23 peserta didik dan guru kelas 2A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan persentase peningkatan rata-rata sebesar 11% dan peningkatan jumlah peserta didik yang tuntas pada posttest setelah implementasi model Project Based Learning dalam pembelajaran matematika di kelas 2 pada materi durasi dan waktu. Dengan demikian, penerapan Project Based Learning dalam materi pembelajaran durasi dan waktu dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 2 di SD Negeri Purwoyoso 03.

Keywords

Project Based Learning (PjBL); Matematika; Durasi dan Waktu; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References

Agustyaningrum, N., & Pradanti, P. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar?. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568-582.

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292- 299.

Farhana, S., Amaliyah, A., Safitri, A., & Anggraeni, R. (2022). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran media manipulatif matematika di sekolah dasar. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 507-511.

Khalil, N. A., & Wardana, M. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Scratch untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 121-130.

Kusuma, K. P., Untari, M. F. A., & Purnamasari, V. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Pembelajaran Matematika di Kelas Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4845-4854.

Manguni, D. W. (2022). Teknik Membaca Scanning dalam Pengembangan Literasi Numerasi pada Pembelajaran Matematika Anak di Sekolah Dasar. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 3, No. 1, pp. 59-70).

Rani, P. R., Lestari, A., Mutmainah, F., Ishak, K. A., Delima, R., Siregar, P. S., & Marta, E. (2021). Pengaruh Metode PJBL Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 264-270.

Solekhah, I., & Slameto, E. H. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II SD. Didaktika Dwija Indria, 6(2).

Sugiyono, S. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1).

Swihadayani, N. (2023). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Sosial dan Teknologi, 3(6), 488-493.

Syaifuddin, M. (2017). Implementasi pembelajaran tematik di kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 139-144.

Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran (Cetakan I). Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.