Analisis Strategi Pemasaran di Era Digital Untuk Membangun Loyalitas Pelanggan

Achmad Fauzi, Nurul Syah Nasyid Firdauzy, Ernita Shafa Nur Fadhilah, Muhammad Syah Naufaly Aziz, Nurul Fauzia, Puspita Ayu Maharani, I Putu Dananjaya Krisna, Ridho Riyanto

Abstract

In a highly competitive environment, a proper marketing strategy is needed to increase the number of customers. The marketing process must be properly managed so that it can respond promptly and meet the needs and demands of customers. Digital technology has changed the way people act, speak, and make decisions. Your digital marketing strategy should align with your business strategy. First, attract customers with deals and discounts. This research uses a qualitative approach that focuses on observations in detail.

Keywords

Marketing strategy, Digital marketing strategy, Customer loyalty

Full Text:

PDF

References

Aris Ariyanto, d. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi. Sumatera Barat: INSAN CENDEKIA MANDIRI.

Azizul Kholis, S. L. (2020). Digital Marketing untuk pelaku UMKM. Medan : Ekonomic & Business Publishing .

Charviandi, A. (2023). MANAJEMEN PEMASARAN (PERSPEKTIF DIGITAL PEMASARAN). Purbalingga: EUREKA MEDIA AKSARA.

BAHARUDDIN, N. U. EFEKTIVITAS DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN CHOCOLICIOUS INDONESIA.

Fatah, S. (2021). Strategi Pemasaran melalui E-Commerce dalam Peningkatan Pendapatan Rumah Makan Pondok Asmara Pak Jamal (Doctoral dissertation, STKIP PGRI BANGKALAN).

Fatihudin, D. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Haque-Fawzi, M. G. (2021). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. Tangerang Selatan: Pascal Books.

Hasibuan, C. A. (2023). Analisis Pengaruh Manajemen Strategi Teknologi Digital terhadap Perkembangan Pelaku Bisnis E-Commerce dan Loyalitas Pelanggan dalam Perspektif Islam. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 3(2), 3237-3250.

Iisnawati, A. W. (n.d.). STRATEGI PEMASARAN DENGAN TEKNOLOGI DIGITAL (E-MARKETING MIX) BAGI UMKM DI DESA TANJUNG RAYA KECAMATAN SUKA MERINDU KABUPATEN LAHAT. Jurnal Pengabdian Sriwijaya.

Jatmiko, N. S. (2022). Strategi Pemasaran Ideal di Era Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM. PLAKAT: Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 4 (2), 253–266.

Keller, K. (2021). Intisari Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit ANDI .

Lestari, S., Samihardjo, R., & Sapanji, R. V. T. (2023). Pelatihan Brand Identity Untuk UMKM: Meningkatkan Kesadaran Merek dan Daya Saing di Era Digital. ABDIMASKU: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(2), 490-499.

Makkiyah, M., Alaudin, M. T., & Muwahib, M. A. (2023). Analisis Strategi Pemasaran UMKM di Era Digital: Studi Kasus Koplak Food di Jember. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 3(2), 333-342.

Manap, A. (2023). MANAJEMEN PEMASARAN JASA (KONSEP DASAR DAN STRATEGI). Purbalingga: EUREKA MEDIA AKSARA.

Mohammad, A. (2022). DAMPAK KEBERHASILAN DIGITAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. ARGM PUBLISHING , 104.

Mohammad, A. (2022). THE IMPACT OF DIGITAL MARKETING SUCCESS ON CUSTOMER LOYALTY. Marketing and Management of Innovations.

Nikijuluw, H. R. (2022). STRATEGI PEMASARAN DI ERA DIGITAL PADA UMKM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT KONSUMEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL AIDA. Jurnal ELKO (Elektrikal dan Komputer), 3(2).

Nuseir, M. T. (2016). Exploring the Use of Online Marketing Strategies and Digital Media. International Journal of Business and Management.

Panjaitan, D., & Setyorini, R. (2020). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. JURISMA: Jurnal Riset Bisnis & Manajemen, 10(1), 53-62.

Puddin, K. (2020). Digital Marketing Untuk Pelaku UMKM. Medan: Economic & Business Publishing.

Prajogo, J. E. (2021). ANALISA PENGARUH DIIGTAL MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY MELALUI ONLINE PROMOTION DAN E-SERVICE QUlALITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP TOKOPEDIA. Jurnal Strategi Pemasaran, 8(2), 12.

Raharjo, N. P., & Rofiuddin, M. (2022). Strategi Digital Marketing Dalam Usaha Mikro Kecil Menengah di Desa Bringin, Kabupaten Tuban. Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, 6(2), 168-175.

Saputra, M. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Pada Ampera Putra Tanjung Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar.

Sari, R. J. (n.d.). Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil dan menegah (UMKM) Pada era digital

Sharawneh, T. (2020). Social media marketing activities and brand loyalty in telecommunication indus-. Journal of Innovations in Digital Marketing.

Sholikah, A. M. (2021). MANAJEMEN PEMASARAN SAAT INI DAN MASA DEPAN. Cirebon: Insania.

Srisusilawati, P. (2023). Loyalitas Pelanggan. Bandung: WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG.

Sudirjo, F., Purwati, T., Widyastuti, W., Budiman, Y. U., & Manuhutu, M. (2023). Analisis Dampak Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Perspektif Industri E-commerce. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 7524-7532.

Wahyono, D., Supriandi, S., & Pontoan, D. R. (2023). Menguji Hubungan Antara Strategi Pemasaran, Loyalitas Pelanggan, Keterlibatan Karyawan Terhadap Profitabilitas UMKM Kuliner di Kota Bandung. Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science, 2(02), 106-117.

Wat, A. P. (2020). Digital Marketing. Malang: Edulitera.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.