Implementasi Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Pancasila
Abstract
Hasil dari identifikasi masalah ditemukan bahwa peserta didik merasa bosan dengan pembelajaran matematika yang kurang bervariasi dan menarik minat belajar. Hal ini mengakibatkan kurangnya aktivitas dan partisipasi peserta didik. Selain itu, terdapat stigma bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit untuk dipelajari dan dipahami peserta didik sehingga pembelajaran kurang maksimal. Kemudian, masih ada 33% peserta didik yang mengalami ketertinggalan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi model problem based learning pada pembelajaran matematika di kelas V SD Pancasila. Bentuk penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman (1984) yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengumpulan data. teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi dengan wawancara tidak terstruktur, observasi, dan dokumentasi sumber data yang sesuai dengan model pembelajaran problem based learning. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat berdampak positif setelah kegiatan praktik pembelajaran dilaksanakan, di antara dampak positif yang terjadi yaitu keterampilan berpikir kritis, keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi, dan keterampilan kreativitas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus. 2013. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) peserta didik kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71-78.
Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika terintegrasi keterampilan abad 21 melalui penerapan model problem based learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77-85.
Musanna, A., Wibowo, U. B., & Hastutiningsih, A. D. (2017). Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 117.
Ramadhani, R. (2016). Pengembangan Perangkat pembelajaran matematika yang berorientasi pada model Problem Based Learning. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 116-122.
Rasyada, R. (2023). Implementasi Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Matematika. BASICA: Journal of Primary Education, 3(1), 151-162.
Relia, L. (2012). Keterkaitan antara Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika dengan Model Pembelajaran Kreatif , Inovatif , dan Produktif (KIP). PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 97–103.
Solekhah, Iis. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II SD. Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO), 6(2), 1–7.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Penerbit Alfabeta Bandung.
Wardani, D. K., & Wijayanti, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika. 207–213.
Yasa, P. A. E. M., & Bhoke, W. (2018). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar matematika pada peserta didik SD. Journal of Education Technology, 2(2), 70-75.
Refbacks
- There are currently no refbacks.