Penerapan Pendekatan TPACK Melalui Model PBL Guna Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V SD Negeri Podorejo 02

Fina Wiji Lestari, Pipit Hima Puspita, Hanung Hanindhito, Astlanandita Fiska Azzahra

Abstract

Penelitian ini didasari oleh data pengamatan yang ditemukan bahwa hasil belajar dari pembelajaran materi pecahan sangat rendah.  Solusi untuk permasalahan tersebut yaitu melalui pendekatan TPACK dan model PBL (Problem Based Learning). Penyelidikan guna mengelaborasi kualitas dari pendidikan melalui pendekatan TPACK dan model PBL (Problem based learning). Desain penelitian melalui penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Subyek pengamatan yaitu peserta didik kelas V SD Negeri Podorejo 02 yang berjumlah 25 orang tahun ajaran 2023/2024. Data hasil belajar dari peserta didik pada Kurun I sebanyak 68% yang telah mendapatkan nilai diatas KKM dan mengalami peningkatan sebesar 20% pada Kurun II menjadi 88% peserta didik kelas V telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sekolah yaitu 75. Disimpulkan bahwa pendekatan TPACK melalui model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran perkalian dan pembagian pecahan di kelas V SDN Podorejo 02.

Keywords

TPACK,model Problem Based Learning(PBL),hasil belajar,pecahan.

Full Text:

PDF

References

Ajria, Ismanto dan Kristin (2020). Peningkatan Kerjasama dan Hasil Belajar Tematik melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitan Pendidikan dan Pembelajaran, 257.

Heruman. (2016). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kania, Nia.2018. Alat Peraga untuk Memahami Konsep Pecahan. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematic), 7.

Oktafia, F., & Devi, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Perkalian dan Pembagian Pecahan Menggunakan Model Problem Based Learning di SDN 04 Pasar Surantih. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2541-2547.

Syahputra, Edy. 2020. Snowball Throwing Tingkatan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing.

Tanjung, Hendra Saputra dan Nababan, Siti Aminah. (2016). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Bermain Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Pokok Pecahan di Kelas III SD Negeri 200407 Huta Padang. Jurnal Bina Gogik, 37.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.