Implementasi Model Problem Based Learning Berbasis Teori Bruner Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas I SDN Karangayu 01

Eka Wulandari, Zaenab Isnaini, Farkhan Nur Mahdi, Zahwa En Najmia, Syo’immatun Nisa’, Aisyah Rohima, Trimurtini T

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan susahnya pengkondisian peserta didik, karena peserta didik terlalu aktif saat pembelajaran berlangsung, minat belajar peserta didik pada kegiatan pembelajaran matematika masih kurang, karena adanya anggapan bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit, serta peserta didik yang masih merasa kesulitan memahami mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat implementasi kegiatan pembelajaran model Problem Based Learning berbasis Teori Bruner pada mata pelajaran matematika materi mengenal bangun datar di kelas I SDN Karangayu 01 serta untuk mengetahui pengaruh implementasi kegiatan pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karangayu 01 dengan subjek penelitian peserta didik kelas I dengan jumlah 28 peserta didik dan guru kelas I. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa implementasi penerapan model pembelajaran Problem Based Learning  berbasis teori Bruner mata pelajaran Matematika materi Mengenal Bangun Datar di kelas I SD Negeri Karangayu  01 memberikan pengaruh bagi peserta didik menjadi lebih mudah memahami materi yang diajarkan, kemudian implementasi penelitian ini juga membuat peserta didik mendapatkan hasil belajar dengan nilai memuaskan, yang dibuktikan dari hasil sampel peserta didik sebanyak 72% yang memperoleh hasil belajar sangat baik, 20% memperoleh kategori baik, serta 8% memperoleh kategori cukup.

Keywords

PBL, Teori Bruner, Implementasi, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References

Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan pemasaran UMKM (Studi deskriptif kualitatif pada distro di Kota Surakarta). Dutacom, 9(1), 43-43.

Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23-32.

Elfareta, N. J., & Murtiyasa, B. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dengan Penerapan Teori Bruner. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2523.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47.

Hadi, F. R. (2016). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 84-91.

Kriyantono, R. (2007). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta, Kencana.

Pamungkas, A. D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) pada siswa kelas 4 SD. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 287-293.

Puspita, M., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 120.

Syarifah, I., Hadi, F. R., & Narto, S. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas Ii Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Di Sdn I Gelanglor. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).

Widayanti, R., & Dwi Nur’aini, K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.