Pengaruh Metode Mengajar Yang Diterapkan Pendidik dan Metode Belajar Yang Digunakan Peserta Didik Pada Kegiatan Pembelajaran di Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan SMK Negeri 11 Bandung

Alif Fahmi Muharam, Laskar Pratama Adyasa Putra, Muhammad Ariiq Wildan Ariiq Wildan, Mutiara Fatmadewi4, Salsabila Talya Nurdjamil

Abstract

Penelitian dan penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mengajar yang terapkan oleh tenaga pendidik dan metode belajar yang digunakan oleh peserta didik pada kegiatan pembelajaran di kelas dengan sasaran kelas XI jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 11 Bandung. Metode mengajar dan mengajar memiliki keterkaitan yang sangat erat dalam kegiatan pembelajaran dikelas yang bertujuan untuk mencapai sasaran dan target pembelajaran dan kurikulum yang diterapkan di sekolah yang bersangkutan. Metode belajar yang digunakan oleh peserta didik berupa gaya belajar auditori,gaya belajar visual, gaya belajar kinestetik dan gaya belajar kombinasi antara ketiga gaya belajar yang telah dipaparkan. Sedangkan metode mengajar yang diterapkan oleh tenanga pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran ada beragam seperti metode menngajar ceramah, metode mengajar tanya jawab, metode mengajar diskusi, metode mengajar eksperimental, metode mengajar demonstrasi dan metode mengajar lainnya yang telah diterapkan oleh tenaga pendidik. Mengimplementasikan metode pembelajaran pada kegiatan pembelajaran adalah dengan mengidentifikasikan tujuan pembelajaran yang jelas dan spesifik, menentukan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik peserta didik, memilih dan merancang materi pembelajaran yang sesuai dengna metode pembelajaran yang diterapkan dan lain sebagainya. Berdasarkan hasil observasi penelitian yang telah dilakukan adalah tenaga pendidik di SMK Negeri 11 Bandung menerapkan metode mengajar kombinasi mulai dari metode mengajar ceramah, diskusi, eksperimental, demonstrasi, tanya jawab, dan lainnya. Sedangkan pada peserta didik mereka menggunakan gaya belajar kinestetik sebesar 54,3% yang berarti lebih dari setengah kelas lebih dominan ke metode gaya belajar kinestetik.

Keywords

teaching method, learning style, kinesterik, visual, auditori

Full Text:

PDF

References

Hasibuan, & Moedjiono. (2012). Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosda Karya.

Iskandarwassid, & Sunendar, D. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003).

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajara, Landasan & Aplikasinya. Rineka Cipta.

Widodo, H. I. (2013). No Title. http://20341252.siap-sekolah.com/2013/06/17/14-macam-metode-pembelajaran/

www.websitependidikan.com. (2017). Pengertian dan Macam-Macam Metode Mengajar. https://www.websitependidikan.com/2017/07/metode-mengajar.html#:~:text=Jadi%2C pengertian metode mengajar ialah suatu cara atau,tujuan pembelajaran yang diinginkan bisa dicapai dengan baik

Refbacks

  • There are currently no refbacks.