Pemanfaatan QuizWhizzer Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Web dalam Kegiatan Belajar Online

Pelangi Citra Wafara

Abstract

Adanya kegiatan belajar online mengharuskan pendidik memiliki strategi serta media pembelajaran yang berinovatif sebagai upaya memberikan suasana pembelajaran online yang tidak mudah membosankan serta upaya untuk peserta didik tetap fokus memperhatikan materi yang diberikan. Oleh karena itu, pendidik harus memanfaatkan suatu media yang efektif dan bersifat kompetitif untuk membangun motivasi serta semangat belajar peserta didik pada masa kegiatan belajar online. Salah satu media yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan belajar online adalah media pembelajaran berbasis web, yakni QuizWhizzer. Tujuan penelitian ini diantaranya menjelaskan dan memaparkan hasil produk media pembelajaran QuizWhizzer serta mengetahui tingkat kelayakan dan keefektifan media pembelajaran berbasis web QuizWhizzer ini sebagai pemanfaatan media pembelajaran kegiatan belajar online. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode survey melalui angket/kuesioner online. Hasil penelitian didapatkan melalui hasil kuesioner, bahwa pemanfaatan QuizWhizzer dikatakan efektif, memiliki kebermaknaan, ketertarikan, serta dapat membantu proses pembelajaran. Selain itu, di sisi lain sebagian responden beranggapan bahwa adanya kesulitan atau kendala yang akan terjadi ketika belajar menggunakan QuizWhizzer, yakni ketidakstabilan jaringan.

Keywords

Media pembelajaran, QuizWhizzer, Pemanfaatan, Belajar Online

Full Text:

PDF

References

Abidin, Z., Rumansyah, R., & Arizona, K. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 66.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 1.

Fauzia, S., & Afnita, A. (2020). Pengaruh Media Teks Berjalan Terhadap Keterampilan Membaca Teks Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 103.

Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 170.

Joyce, B., & Weil, M. (2000). Models of Teaching (6th ed.). Allyn & Bacon.

Surjono, H. D. (2013). Membangun Course e-learning Berbasis Moodle (2nd ed.). UNY Press.

Vinidiansyah, A. S., Nurhaniah, N., & Andi, A. (2021). Metode Belajar Berbasis Game Sebagai Upaya Memecahkan Problematika dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 4(2), 172.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.