Problematika Penggunaan Bahasa Indonesia di Sekolah

Nia Rahma Sari, Siti Rukiyah, Missriani M

Abstract

Penggunaan bahasa Indonesia di sekolah adalah masalah yang relevan dan kompleks di Indonesia. Bahasa adalah alat komunikasi yang penting dalam proses pembelajaran dan merupakan salah satu elemen penting dalam pembentukan identitas bangsa. Meskipun bahasa Indonesia adalah bahasa resmi negara, masih ada beberapa problematika yang perlu dipertimbangkan dalam penggunaannya di lingkungan pendidikan. Artikel ini akan membahas berbagai aspek permasalahan yang berkaitan dengan penggunaan bahasa Indonesia di sekolah.

Keywords

Problematika, Penggunaan, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References

Hikmat, Ade dan Nani Sholihati. 2013. Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa S1 &Pascasarjana, Guru, Dosen, Praktisi, dan Umum. Jakarta: PT Grasindo.

Karyanti, T. (2015). Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Culture, 2(1), 102-118.

Kurniawan, M. S., Wijayanti, O., Hawanti, S., Purwokerto, U. M., & Indonesia, P. B.(2020). Problematika dan Strategi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 65–73.

Oka, I. G. N. (1974). Problematika Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Malang:IKIP Press.

Puspidalia, Y. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI danAlternatif Pemecahanya.. Jurnal Cendekia.

Rahman, A. (2016). Pengaruh Bahasa Daerah Terhadap Hasil Belajar Bahasa IndonesiaPeserta Didik Kelas 1 Sd Inpres Maki Kecamatan Lamba-Leda KabupatenManggarai. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 71–79.https://doi.org/10.24252/auladuna.v3i2a3.2016

Saputra, E. (2016). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Ihya Al-Arabiyah:Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 243-254.

Sibarani, C. (2019). Students’ Perceptions of Teachers’ Use of Bahasa Indonesia in theEnglish Classroom: A Case Study at SMA Fransiskus 2 Jakarta. JET (Journal ofEnglish Teaching), 5(3), 217.

Widayati, S. (2019). Peranan Guru dalam Pembelajaran Bahasa. Edukasi Lingua Sastra 17(1), 1-14.

Yulianto, B. (2014). Problems of the teaching of indonesian as a Foreign language.Hankuk University Foreign Study, May, 14–19.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.