Analisis Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (Studi Literatur)

Sri Rizky Inanda Febrianti, Siti Rukiyah, Missriani M

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan permasalahan (problematika) yang terjadi dalam proses pemebelajaran Bahasa Indonesia terhadap peserta didik di Sekolah Dasar (SD). Metode yang digunakan pada kajian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekan studi literatur. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik catat. Sumber data pada penelitian ini adalah tiga kajian terdahuluan yang relevan. Berdasarkan hasil analisis terhadap tiga kajian terdahulu, problematika pembelajaran Bahasa Indonesia tingkat Sekolah Dasar cukup kompleks. Problematika yang dimaksud berkaitan dengan konsentrasi peserta didik yang rendah, lalu kesulitan peserta didik dalam berbicara menggunakan bahasa Indonesia, kesulitan peserta didik dalam membaca, kemudian kesulitan peserta didik dalam menulis, dan kurangnya media pembelajaran yang digunakan.

Keywords

problematika, pembelajaran Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References

Azizah, N. P. (2020). Efektivitas Penerapan Steam Berbantuan Augmented Reality Untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun. RECEP: Research In Early Childhood Eduation and Parenting, 1(1), 32-42.

Azra, A. (2000). Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos.

Bisri, H. (2013). Landasan Pendidikan . Bandung: Pustaka Setia.

Dewi, K. &. (2020). Meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui model pembelajaran role playing berbantuan media audio visual. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3).

Harlina., &. Wardarita, R. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 63-68.

Kurniawan, M. S. (2020). Problematika dan Strategi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Rendah SD Negeri Kaliurip. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Marianti, R. N. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 007 Pulau Lawas. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 237-242.

Masda Satria Kurniawati, O. W. (2020). Problematika Dan Strategi Dalam Pembelajarn Bahasa Indonesia Di Kelas Rendag Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar.

Puspidalia, Y. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI dan Alternatif Pemecahanya. . Jurnal Cendekia.

Suastika, N. (2018). Problematika Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 57-64.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Utaminingsih, E. S., Sulasih., Puspita, M. A., Sumartiningsih, S., Habibi, A. F., Mulyaningtiyas, T. (2023). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Di Sekolah Dasar. Research and Development Journal Of Education, 9(2), 860-870.

Widayati, S. (2019). Peranan Guru dalam Pembelajaran Bahasa. Edukasi Lingua Sastra 17(1), 1-14.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.