Peningkatan Keterampilan Teknologi Digital Bagi Masyarakat Inklusif di Desa Argosari Melalui Pelatihan Canva

Wahyu Cahyo Agung, Rufus Abyater Kustiyarto, Purnomo Wahyu Anggoro, Muntoha Sururi, Salmadhiya Ananda, Titi Yuana Wulandari, Farah Amalia Oktiviana, Hilda Junian Trapsilowati, Nafida Hetty Marhaeni

Abstract


Peningkatan keterampilan literasi digital masyarakat inlusif di desa Argosari perlu dikembangkan agar dapat membuat dan mengembangkan konten kreatif untuk sosial media maupun iklan. Oleh karena itu, tujuan pelatihan dalam pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan cara pembuatan dan pengembangan konten berbantuan platform canva untuk meningkatkan keterampilan pemanfaatan teknologi digital. Pelatihan ini dilakukan oleh tim pelaksana Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswa (PPK Ormawa) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (BEM FKIP) Univesitas Mercu Buana Yogyakarta kepada masyarakat inklusif di desa Argosari, Yogyakarta. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa desain canva sebagai salah satu upaya meningkatkan literasi digital masyarakat inklusif di desa Argosari Yogyakarta telah mememnuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan. Peserta mengalami peningkatan yang signfikan pada pengetahuan tentang literasi digital dan dasar-dasar canva, bahkan peserta telah dapat membuat konten media sosial dan iklan untuk promosi. Selain itu, antusiasme peserta disetiap pelatihan menunjukkan peningkatan sehingga ketercapaian pelatihan ini menjadi semakin tinggi. Platform canva sebagai salah satu upaya meningkatkan dan mengembangkan literasi digital pada indikator ketrampilan menggunakan teknologi digital telah dimiliki oleh masyarakat inklusif di desa Argosari, Yogykarta.


Keywords


Literasi digital; Canva; Keterampilan teknologi digital

Full Text:

PDF

References


Arianto, B. (2021). Pandemi Covid-19 dan transformasi budaya digital di Indonesia. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 5(2), 233-250.

Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., & Putra, A. B. N. R. (2019). Kompetensi literasi digital bagi guru dan pelajar di lingkungan sekolah kabupaten Malang. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3(2), 98-104.

Atimeta, A., & Jatiningsih, O. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Multikultur Dalam Aktivitas Organisasi Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia Cabang Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 9(1), 173-187.

Darimis, D., Ummah, S. S., Salam, A., Nugraha, A. R., & Jamin, N. S. (2023). Edukasi Literasi Digital Era Cybernetics Dalam Meminimalisir Penyalahgunaan Media Sosial Bagi Anak Di Pinggiran Kota. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 372-379.

Djollong, A. F., & Akbar, A. (2019). Peran guru pendidikan agama islam dalam penanaman nilai-nilai toleransi antar ummat beragama peserta didik untuk mewujudkan kerukunan. Jurnal Al-Ibrah, 8(1), 72-92.

Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580-597.

Fathiyah, L., & Yarti, I. (2022). Analisis pemanfaatan platform zoom dengan kemampuan literasi digital pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 746-757.

Firmanto, F., & Yesicha, C. (2019). Wacana Pluralisme dalam Berita Perang Air (Cian Cui) di antarariau. com. Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS), 8(2), 11-29.

Hanik, E. U. (2020). Self directed learning berbasis literasi digital pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183..

Hidayati, W. R., & Warmansyah, J. (2021). Pendidikan Inklusi Sebagai Solusi dalam Pelayanan Pendidikan Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 207-212.

Isabella, I., Iriyani, A., & Lestari, D. P. (2023). Literasi Digital sebagai Upaya Membangun Karakter Masyarakat Digital. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 8(3), 167-172.

Kadir, A. (2015). Penyelenggaraan sekolah inklusi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 1-22.

Khairunisa, K., Dastina, W., & Katutu, B. (2020). Strategi Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Provinsi Jambi dalam Mengembangkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial untuk Mewujudkan Masyarakat Literate. Baitul'Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 93-107.

Komalasari, Y., Muharrom, M., & Sumbaryadi, A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Fungsionalitas Media Sosial Pada Pengurus dan Anggota Karang Taruna Kel. Kebon Bawang Jakarta Utara. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 71-77.

Pratama, R., Alamsyah, M., Siburian, M. F., Marhento, G., & Jupriadi, J. (2023). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran IPA di Madrasah Aliyah. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 3(1), 40-46.

Rahmasari, E. A., & Yogananti, A. F. (2021). Kajian Usability Aplikasi Canva (Studi Kasus Pengguna Mahasiswa Desain). ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(01), 165-178.

Rumata, V. M., & Nugraha, D. A. (2020). Rendahnya tingkat perilaku digital ASN kementerian kominfo: Survei literasi digital pada instansi pemerintah. Jurnal Studi Komunikasi, 4(2), 467-484.

Setiawan, T., & Putro, F. H. A. (2021). Pemanfaatan gaphics designer software Canva untuk meningkatkan kreatifitas promosi produk UMKM di Cepogo Boyolali. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(12), 53-56.

Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model penguatan literasi digital melalui pemanfaatan e-learning. Jurnal Aspikom, 3(6), 1200-1214.

Sutopo, P. S., Kusuma, L. W., Hermawan, A., & Suyitno, A. (2023). Keterampilan Membuat Baner dengan Canva Untuk Guru SMAN 3 Tangerang. Abdi Dharma, 3(2), 93-102.

Sutrisna, I. P. G. (2020). Gerakan literasi digital pada masa pandemi covid-19. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8(2), 269-283.

Widyana, A. I., & Waluyanto, H. D. (2022). Pengembangan kreativitas desainer melalui aplikasi grafis dalam perancangan desain komunikasi visual. Jurnal DKV Adiwarna, 1, 11.

Zettira, S. B. Z., Febrianti, N. A., Anggraini, Z. A., Prasetyo, M. A. W., & Tripustikasari, E. (2022). Pelatihan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kreativitas Desain Promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 2(2), 99-105.




DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.10036347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wahyu Cahyo Agung, Rufus Abyater Kustiyarto, Purnomo Wahyu Anggoro, Muntoha Sururi, Salmadhiya Ananda, Titi Yuana Wulandari, Farah Amalia Oktiviana, Hilda Junian Trapsilowati, Nafida Hetty Marhaeni

 


Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia

E-ISSN :2986-7002