Pendampingan Implementasi Media Pempelajaran IPA Inovatif Untuk Pembelajaran Bermakna

Nur Ngazizah, Dwi Nuril Hidayati, Tafhim Nur Falah

Abstract


Alat peraga sangat dibutuhkan untuk memperlancar dan memberkan motivasi belajar kepada peserta didik dalam proses pembelajaran. Realita di lapangan menunjukkan bahwa guru belum memanfaatkan alat peraga sebagai media bantu dalam proses belajar mengajar khususnya guru di MI Muhammadiyah Krendetan Purworejo. Pendampingan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan alat peraga IPA bagi guru-guru MI muhammadiyah Krendetan agar dapat mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran sehingga tercipta pembelajaran bermakna. Metode yang digunakan dalam pendampingan ini adalah dengan menggunakan metode pendekatan dalam bentuk pendampingan. Setelah diadakan pendampian implementasi media pembelajaran ini guru dapat memahami dan menambah kreasi guru dalam menggunakan media alat peraga dalam proses pempelajaran. Pihak sekolah menerima dengan senang hati hasil karya media alat peraga dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo.


Keywords


Motivasi Belajar, Media Pembelajaran, Alat Peraga

Full Text:

PDF

References


Afriani, S., Prasasti, A., & Anggriyani, R. (t.t.). Alat Peraga Sistem Pernafasan Manusia Untuk Menunjang Pembelajaran IPA.

Ameliya, R. R., & Setyawan, A. (2017). Analisis Penyebab Kesulitan Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SDN SOCAH 2. 3(1).

Amrin Sibua, F. M. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Alat Peraga IPA Kelas IV SD Inpres Sopi Kecamatan Morotai Jaya. https://doi.org/10.5281/ZENODO.4391479

Haidir, M., Farkha, F., & Mulhayatiah, D. (2021). Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 81. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3266

Hajriana, H., Khusnul Khotimah, Siti Maulidah, & Siti Nasi’ah. (2021). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Gambar Tumbuhan pada Mata Pelajaran IPA terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, 6(2), 119–130. https://doi.org/10.21462/educasia.v6i2.66

Haryanti, N., Hayati, M. N., & Fatkhurrohman, M. A. (t.t.). Keefektifan Penggunaan Alat Peraga Sistem Peredaran Darah dalam Pembelajaran IPA Kelas VIII MTs Negeri Pemalang.

Hutauruk, P., & Simbolon, R. (2018). Meningkatkan hasil belajar siswa dengan alat peraga pada mata pelajaran ipa kelas iv sdn nomor 14 simbolon purba. 8(2).

Sari, R. K., Chan, F., Hayati, D. K., Syaferi, A., & Sa’diah, H. (2021). Analisis Faktor Rendahnya Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran IPA di SD Negeri 80/I Rengas Condong Kecamatan Muara Bulian. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(2), 63. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v1i2.3146

Septian, N., & Hasanudin, C. (2023). Manfaat Penggunaan Media Alat Peraga pada Pembelajaran Operasi Bilangan Bulat.

Wati, N. (2022). Alat Peraga Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dalam Topik Cara Menghasilkan Bunyi. Jurnal Al Mujaddid Humaniora, 8(1), 57–65. https://doi.org/10.58553/jalhu.v8i1.122

Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43–48. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891

Yunita, I., & Ilyas, A. (2019). Efektivitas Alat Peraga Induksi Elektromagnetik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 245–253. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4349




DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.8232158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Ngazizah, Dwi Nuril Hidayati, Tafhim Nur Falah

 


Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia

E-ISSN :2986-7002