Sosialisasi Manfaat Read Aloud Bagi Kemampuan Berbahasa Anak di Perkumpulan Dharma Wanita Lpka Muara Bulian
Abstract
Kegiatan sosialisasi manfaat read aloud bagi kemampuan berbahasa anak di perkumpulan dharma wanita LPKA Muara Bulian penting dilaksanakan, mengingat kemampuan berbahasa merupakan kecerdasan majemuk yang terdapat dalam diri setiap individu. Kecerdasan berbahasa merupakan salah satu bentuk kecerdasan terpenting yang akan membantu individu dalam proses kehidupannya. Oleh sebab itu, kemampuan berbahasa harus dioptimalkan sedini mungkin. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan melalui 3 tahapan metode, yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dari hasil kegiatan sosialisasi maka didapatkan 3 hal penting yang dipahami oleh anggota dharma wanita LPKA Muara Bulian, yaitu pemahaman mengenai manfaat read aloud, pentingnya kemampuan berbahasa anak dan pemilihan bacaan yang baik sesuai usia perkembangan anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chasanatun, F., Hermawati D. S., Sunardi., Joko N., & Asrowi. Book Sharing: Parents’ Read Aloud Activities in Supporting Emergent Reading and Arts for Early Literacy. PROSIDING ICTTE FKIP UNS 2015, Vol 1, Nomor 1, hal. 378-381.
Gatot, M., Muhammad, R. D. (2018). Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak melalui Metode Read Aloud. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 1, No 1, hal 56-66.
Huda, M., Kartanegara, M., Gamal, & Zakaria, N. (2015). The Effect of Learning Strategy of Reading Aloud on Students’ Achievement in The Subject of Islamic Studies at Secondary School in Semarang, Indonesia. International Journal of Education and Research, 3(2).
Marli’ah, S., Firdausi, N. A. Efektivitas Strategi Read Aloud dalam Mengenalkan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), Vol. 5 No. 1, Hal. 74-81.
Nurkaeti, N., Apriyanti W., Dariyanto, dan Husna, F. (2020). Implementasi Read Aloud pada Orang Tua Siswa dalam Mendorong Gerakan Literasi Sekolah di SDN Harapan Baru III. Jurnal ABDIMAS (Pengabdian kepada Masyarakat) UBJ, Vol. 3 No. 2, hal. 105 – 114
Nuryanto, S. (2016). Penggunaan Metode Read Aloud untuk Mendongeng pada Anak Usia Dini. Jurnal AUDI, Volume 1, Nomor 1, hlm 38 – 44.
Priyantini, L.D.E., Amin, Y. (2020). The Influence of Literacy and Read Aloud Activities on the Early Childhood Education Students’ Receptive Language Skills. Journal of Primary Education, 9 (3), 295–302.
Sumitra, A., Nita, S. (2019). Peran Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Minat Baca Anak Usia Dini melalui Metode Read Aloud. Jurnal Ilmiah Potensia, Vol. 4 (2), 115-120
Trelease, Jim. (2013). The Read-Aloud Handbook. New York: PENGUIN BOOKS.
DOI: https://doi.org/10.5281//zenodo.8195811
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Liza Septa Wilyanti, Julisah Izar, Helty H, Anggi Triandana
E-ISSN :2986-7002