Rebranding Logo UMKM (F&B) Kelurahan Klampis Ngasem

Nabil Ghibran Alwafa

Abstract


Akibat dari pandemi yang terjadi di Indonesia, industri makanan dan minuman juga semakin berkembang di Indonesia untuk menambah pendapatan. Perkembangan ini juga berarti semakin meningkatnya persaingan antar produk yang satu dengan yang lain. Macnfish merupakan salah satu industri makanan minuman yang menjual produk makanan Eropa yang cukup unik, tetapi perusahaan ini masih kurang dikenali oleh masyarakat kota Surabaya karena kurangnya identitas visual yang kuat dan promosi yang dilakukan. Oleh karena itu, dibutuhkannya brand identity yang dapat menarik minat dan kesadaran konsumen dan calon konsumen akan Macnfish. Tujuan dari perancangan ini adalah membuat brand identity baru dan buku GSM (Graphic Standard Manual) yang berguna sebagai panduan dalam mengaplikasikan logo dan elemen visual lainnya untuk menjaga konsistensi brand. Penilitian menggunakan metode kualitatif, untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan dan data-data tersebut akan diolah menggunakan metode analisis SWOT, dan creative brief. Selain itu juga dirancang media promosi sosial media berupa feeds Instagram dan packaging yang berguna untuk melindungi produk dan juga sebagai media promosi secara tidak langsung. Akibat dari pandemi yang terjadi di Indonesia, industri makanan dan minuman juga semakin berkembang di Indonesia untuk menambah pendapatan. Perkembangan ini juga berarti semakin meningkatnya persaingan antar produk yang satu dengan yang lain. Macnfish merupakan salah satu industri makanan minuman yang menjual produk makanan Eropa yang cukup unik, tetapi perusahaan ini masih kurang dikenali oleh masyarakat kota Surabaya karena kurangnya identitas visual yang kuat dan promosi yang dilakukan.


Keywords


Rebranding, Logo, UMKM, Kelurahan Klampis Ngasem

Full Text:

PDF

References


Awali, H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlamgsungan UMKM di Kota Pekalongan di tengah Dampak Covid-19. BALANCA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(1), 1-14.

Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). Pendampingan Branding Dan Packaging Umkm Ikatan Pengusaha Aisyiyah Di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 1(1), 32–36.

Manesah, D., & Desipriani, D. (2022). Pelatihan Fotografi Produk Dengan Menggunakan Mini Box Studio Pada Ukm Walidayna. JURNAL BESEMAH: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 49-56.

Lie, D., Siregar, R. T., Efendi, E., Inrawan, A., & Halim, F. (2021). Penyuluhan Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Alternatif Pemasaran 4.0 Bagi Pelaku UKM Ulos Di Kota Pematangsiantar. Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-8.

https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/12/23/fnb-adalah

https://sainsbertek.machung.ac.id/index.php/sbtek/article/download/130/79/420

https://sainsbertek.machung.ac.id/index.php/sbtek/article/download/136/83/436

https://www.studocu.com/vn/document/truong-dai-hoc-kinh-te-ky-thuat-cong-nghiep/kinh-doanh-quoc-te/136-article-text-436-1-10-20210909/33605440




DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.8191980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nabil Ghibran Alwafa

 


Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia

E-ISSN :2986-7002