Pelatihan E-Learning Metode Penelitian Bagi Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Universitas Cenderawasih
Abstract
Pendidikan bertujuan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pesatnya perkembangan teknologi membuat dosen dan mahasiswa harus dapat menyesuaikan dan memanfaatkan perkembangan teknologi agar proses pembelajaran berlangsung lebih efektif dan efisien. Salah satu pemanfaatan teknologi dalam penerapan pembelajaran inovatif adalah pembelajaran dengan memanfaatkan internet atau yang sering disebut dengan e-learning. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta keterampilan kepada mahasiswa semester 5 Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cenderawasih tentang penggunaan e-learning dalam pembelajaran. Metode pelaksanaan pengabdian ini adalah teori dan praktek. Hasil pengabdian ini memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa tentang e-learning dalam bentuk Learning Management System (LMS). Semua peserta mengikuti pelatihan dengan antusias dan respon yang sangat baik. Selain itu, mahasiswa sebagai peserta pelatihan dengan adanya kegiatan ini lebih termotivasi untuk belajar mandiri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chusna, N. L. (2019). Pembelajaran E-learning. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI (Vol. 2, pp. 113–117).
Fikriyah, A. N., & Sukmawati, W. (2022). Pengembangan media pembelajaran learning management system (LMS) berbasis moodle pada materi perubahan energi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 799–804.
Fitriani, Y. (2020). Analisa pemanfaatan learning management system (LMS) sebagai media pembelajaran online selama pandemi covid-19. JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing), 4(2), 1–8.
Kuntari, S. (2022). Pentingnya Budaya Literasi Digital di Masa Pandemi. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.
Nasution, S. H. (2018). Pentingnya literasi teknologi bagi mahasiswa calon guru matematika. Jurnal Kajian Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 14–18.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi virus corona covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 4(2), 30–36.
Rahardja, U., Lutfiani, N., Harahap, E. P., & Wijayanti, L. (2021). ilearning: Metode pembelajaran inovatif di era education 4.0. Technomedia J, 4(2), 261–276.
Sara, K., Witi, F. L., & Mude, A. (2020). Implementasi E-Learning Berbasis Moodle di Masa Pandemi Covid 19. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(2), 181–189.
Sembiring, T. B., Dewi, R. D. D. L. P., Gugat, R. M. D., Febrian, W. D., Amrizal, A., & Ansori, A. (2024). Peningkatan Kapasitas Dosen Dalam Pendidikan Berbasis Teknologi: Workshop Dan Pelatihan Mendalam. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 581–590.
Syaifudin, M. (2023). Mendesain pembelajaran daring: berkaca dari revolusi integrasi teknologi dalam pendidikan di Indonesia. Edulitera.
Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh aspek kognitif, afektif, dan psikomotor terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1–9.
Wardani, M. S., Nugroho, N. R. I., & Ulinuha, M. T. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(1).
DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.14546966
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Helena Purnama Sari, Sahrul Akbar, Muh. Riswan, Widyaskara Mangando
E-ISSN :2986-7002