Menumbuhkan Toleransi dan Rasa Hormat: Pencegahan Radikalisme di Sekolah

Iramdan I, Bado Riyono, Akhmad Aris Tantowi

Abstract


Penyuluhan tentang "Menumbuhkan Toleransi dan Rasa Hormat: Pencegahan Radikalisme di Sekolah" sangat diperlukan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif dan bekal keterampilan kritis bagi para pelajar SMA dalam menghadapi tantangan radikalisme. Pencegahan radikalisme di kalangan pelajar SMA membutuhkan pendekatan yang komprehensif dan berkelanjutan, mengingat meningkatnya ancaman radikalisme di Indonesia.  Penyuluhan dengan metode partisipatif dan interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku toleransi serta rasa hormat di kalangan siswa.  Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman tentang radikalisme, penerimaan terhadap keberagaman, dan komitmen untuk mempraktikkan nilai-nilai toleransi.  Meskipun demikian, pemantauan jangka panjang dan integrasi program ke dalam kurikulum sekolah sangat penting untuk memastikan keberhasilan dan keberlanjutan upaya pencegahan radikalisme.


Keywords


Toleransi, Hormat, Radikalisme, Sekolah

Full Text:

PDF

References


Ansori, M. (2020). Mengawasi Perilaku Intoleransi di Lembaga Pendidikan. DIDAXEI, 1(2).

Cahyono, H., & Hamzah, A. R. (2019). Upaya Lembaga Pendidikan Islam dalam Menangkal Radikalisme. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 2(01)

Dini, J. P. A. U. (2022). Penguatan moderasi beragama pada anak usia dini sebagai upaya pencegahan radikalisme di masa pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2974-2984.

Haq, M. T., Janah, F., & Rhendica, R. (2023). Strategi guru pendidikan agama Islam dalam mencegah radikalisme di SMA Negeri Kota Balikpapan (Multisitus SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2). Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 4(1), 188-197.

Irawan, E. P., Desiana, R., & Putri, L. D. (2023). Penanaman Pendidikan Multikultural dalam Mencegah Diskriminasi Pada Siswa Sekolah Dasar. SNHRP, 5, 1053-1059.

Nadya, A., & Adhari, N. R. (2022). Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Upaya Diradikalisasi Generasi Muda. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 6(2), 33-42.

Susanto, D., Wati, R., Murtini, M., Wiranta, W., & Prasojo, A. (2020, October). Apresiasi Karya Sastra Sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme Keagamaan Di Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Membangun Desa-UNS (Vol. 1, No. 1).

Umro, J. (2017). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Radikalisme Agama Di Sekolah. JIE (Journal of Islamic Education), 2(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Iramdan I, Bado Riyono, Akhmad Aris Tantowi

 


Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia

E-ISSN :2986-7002