Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring
Abstract
Kepala sekolah adalah seorang tenaga fungsional guru yang diberi tugas untuk memimpin suatu sekolah di mana diselenggarakan proses belajar mengajar, atau tempat di mana terjadi interaksi antara guru yang memberi pelajaran dan murid yang menerima pelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dilakukan dalam dua siklus yang melibatkan 13 orang guru dan 23 orang siswa. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan yaitu hasil nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil kegiatan pembelajaran yang awalnya 48% meningkat menjadi 87%. Yang artinya indikator peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran di katergorikan baik. Hasil nilai rata-rata aktifitas siswa dalam pembelajaran daring yang awal 52% meningkat menjadi 83%. Yang artinya indikator dari aktifitas siswa dalam proses pembelajaran daring dikatakan kategori baik. Dari hasil penelitian diatas maka dapat disimpulan bahwa dalam mengingkatkan kemampuan melaksakan pembelajaran daring di SMP Negeri 5 Timang Gajah, kepala sekolah melakukan beberapa upaya yaitu kepala sekolah berperan sebagai pendidik dengan tujuan untuk mewujudkan visi dan misi sekolah serta dapat meningkatkan mutu pendidikan. Kepala sekolah sabagai innovator berusaha menjalin hubungan yang baik antara guru dan siswa dengan upaya mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Kepala sekolah sebagai motivator berusaha selalu memberikan motivasi bagi guru untuk terus melakukan tugasnya dengan baik dan bertanggung jawab dengan upaya menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Awaludin Fitra, Martua Sitorus, E. P. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 14(2), 168–180. https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/1236
Dedi Lazwardi. (2016). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU. Jurnal Al-Idarah, 6(2), 139–157.
Deisye Supit, Noldin Jerry Tumbel, E. W. (2022). Peran Orang tua Siswa dalam Pembelajaran Daring di SMP UNKLAB Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1349–1358.
Fitra, A., Utami, Y., & Sitorus, M. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Microsoft Mathematics Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan. 3(3), 3–6. http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/564
Fitra, A., Panggabean, E., & Sitorus, M. (2022). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBELAJARAN DARING GURU. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 28(2), 58–71. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/penelitian/article/view/37011/pdf_1
Fitra, A., & Sitorus, M. (n.d.). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP KEMALA BHAYANGKARI 1 MEDAN. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 4(1). https://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/JIPN/article/view/529
Fitra, A., Sitorus, M., Parulian Sinaga, D. C., & Marpaung, E. A. P. (2020). Pemanfaatan dan Pengelolaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Dan Pengajaran Daring Bagi Guru-Guru SMP. Jurnal Pengabdi, 3(2), 101. https://doi.org/10.26418/jplp2km.v3i2.42387
Fitra, A., Utami, Y., & Sitorus, M. (2020). PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SOFTWARE GEOGEBRA PADA MATA KULIAH KALKULUS II STMIK PELITA NUSANTARA MEDAN. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 5(2), 25–35. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/2547
Permadani, D. R., Maisyaroh, M., & Mustiningsih, M. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pembuatan Keputusan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 320–326. https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p320
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Sinerjaya, S., & Fitra, A. (2021). Analisis Kesulitan Pembelajaran Daring dengan Whatsapp. Jurnal MathEducation Nusantara, 4(2), 24–32. http://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/view/152
Widia Ningsih, P., & Dafit, F. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 508–514. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.41379
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sulman S
E-ISSN :2986-7002