Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pelatihan Pembuatan Abon Ikan Patin di Kelurahan Semolowaru Kecamatan Sukolilo

Sri Umiyat, Djoko Siswanto Muhartono, Titiek Indhira Agustin, Sri Hartati Setyowarni

Abstract


Latar belakang, Program pelatihan pembuatan abon Ikan Patin di Kecamatan Sukolilo merupakan inisiatif yang  sangat baik untuk memberdayakan masyarakat, dimana program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif pada pemberdayaan ekonomi di Kecamatan Sukolilo melalui diversifikasi pendapatan dan peningkatan keterampilan. Salah satu  komoditi itu ada pada ikan patin, ternyata tidak hanya bisa diolah menjadi sajian sedap seperti digoreng atau masakan berkuah dengan bumbu pedas. Di tangan kreatif daging Ikan Patin bisa disulap menjadi abon Ikan Patin dengan nilai ekonomi yang sangat menggiurkan. Bahkan, saat ini abon Ikan Patin hasil telah mampu menembus pasar sampai ke luar pulau. Budidaya ikan Ikan Patin yang semakin banyak di masyarakat, menjadikan Ikan Patin sebagai salah satu ikan favorit untuk     dikonsumsi. Ikan Ikan Patin bisa diolah menjadi abon dan citarasa abon Ikan Patin tidak kalah enak dengan abon sapi. Banyak orang yang menyukai produk ikan Ikan Patin ini, dan ini menjadi suatu produk yang sangat pantas untuk dikembangkan serta menjadi alternative untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, terutama para ibu rumah tangga guna membantu perekonomian keluarga. Metode : Pelatihan, praktek serta pendampingan dan monev dalam membuat olahan ikan Ikan Patin yang mempunyai nilai ekonomi tinggi dan bisa dijual secara kemasan. Dan merupakan produk yang bisa dikonsumsi sehari-hari dengan nilai gizi tinggi. Hasil kegiatan (1) Memiliki keterampilan dalam pengolahan abon Ikan Patin. (2). Produk abon Ikan Patin yang bervariasi rasa serta kemasan yang menarik, (3) Dokumen manajemen usaha berbasis syariah dan mampu mendapat modal pengembangan usaha, (4) Publikasi di Jurnal Pengabdian pada masyarakat (5). Melibatkan Mahasiswa dalam MBKM sebanyak 2 mahasiswa, setara dengan 3 SKS mata Kuliah Kewirausahaan.


Keywords


Abon Ikan Patin, pelatihan, MBR

Full Text:

PDF

References


Asadayanti, D. D., & Nurhayati, T. (2017). Modul keahlian ganda pengolahan produk kelompok kompetensi g: Paket keahlian teknologi pengolahan hasil perikanan KK G.

Asriadi, A. (2022). Analisis kelayakan usaha abon tulang ikan bandeng di Kecamatan tanralili Kabupaten Maros.

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2017). Pentingnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui PBL untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi MEA. 151–160.

Ernaningsih, E., Kasmawati, K., & Ilmiah, I. (2023). Pkm Pengolahan Abon Tulang Ikan Bandeng Pada Kelompok Wanita Tambak Di Desa Tamangapa Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kauniah, 1(2), 153–159.

Fitriyani, E., Nuraenah, N., & Deviarni, I. M. (2020). Perbandingan komposisi kimia, asam lemak, asam amino ikan toman (Channa micropeltes) dan ikan gabus (Channa striata) dari Perairan Kalimantan Barat. Manfish Journal, 1(2), 71–82.

Ir Rabiatul Adawyah, M. (2023). Pengolahan dan pengawetan ikan. Bumi Aksara.

Jasila, I., & Zahro, F. (2015). Pembuatan abon ikan patin (Pangasius hypophthalmus) di Pradipta Jaya Food Probolinggo. Jurnal Ilmu Perikanan, 6(1), 20–34.

Lubis, A. F., & Syaputra, A. (2020). Eksplorasi Kandungan Gizi Ikan Sibero (Hampala macrolepidota) Sebagai Bahan Baku Dalam Pembuatan Produk Pangan Perikanan. Agrintech: Jurnal Teknologi Pangan Dan Hasil Pertanian, 3(1), 19–27.

Maggariyani, D. (2023). Evaluasi Dan Penerapan Cara Produksi Pangan Olahan Yang Baik (Cppob) Serta Pengaruhnya Terhadap Cemaran Mikroba Pada Bandeng Presto Di Umkm Abimanyu Presto.

Masrifah, I., & Karyono, K. (2022). Pengembangan Ukm Abon Ikan Patin Di Desa Jatibaru Pasca Pandemi Covid Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 66–72.

Nofreeana, A., Masi, A., & Deviarni, I. M. (2017). Pengaruh pengemasan vakum terhadap perubahan mikrobiologi, aktifitas air dan pH pada ikan pari asap. Jurnal Teknologi Pangan, 8(1), 66–73.

Novika, S. (2022). Pengembangan Produk Nugget Ikan Patin (Pangasius Sp) Dengan Penambahan Tepung Kacang Kedelai (Glycine Max) Sebagai Sumber Zat Gizi Dan Alternatif Pmt Untuk Balita Stunting Di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Riani, M. U. (2023). Analisis Kelayakan Usaha Pembuatan Abon Ikan Patin Dan Gabus Di CV. Cashiela. Fish Scientiae, 13(1), 109–124.

Rosyidah, A., Purwanti, E., Muwarni, I. K., & Ediati, R. (n.d.). MANFAAT BERBAGAI OLAHAN IKAN BANDENG BERGIZI TINGGI DI TENGAH PANDEMI. Pengembangan UMKM Surabaya, 1, 1.

Rusnaini, R., Qonita, R. R. A., & Yuliandari, E. (2020). Pelatihan Pembuatan Abon Ikan Air Tawar untuk Memberdayakan Masyarakat di Desa Sidoarum. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(4), 525–530.

Sayyida, S. (2014). Pengaruh biaya produksi terhadap laba perusahaan. PERFORMANCE: Jurnal Bisnis & Akuntansi, 4(1).

Sundari, R. S., Kusmayadi, A., & Umbara, D. S. (2017). Komparasi Nilai Tambah Agroindustri Abon Ikan Lele Dan Ikan Patin Di Tasikmalaya the Added Value of Shredded Lele and Patin Catfish. Jurnal Pertanian Agros, 19(1), 45–54.

Syarafina, N., Angkasa, D., Fadhilla, R., & Swamilaksita, P. D. (2022). Pemanfaatan Tepung Tulang Ikan Patin dengan Penambahan Kacang Tunggak sebagai Sumber Kalsium pada Pembuatan Snack Bar. Jurnal Pangan Dan Gizi, 12(2), 1–13.

Trimurti, T., Erlina, Y., & Sintha, T. Y. E. (2023). Analisis Nilai Tambah Produk Olahan Ikan Patin Pada Kub Gawi Hatantiring Kota Palangka Raya. Journal Socio Economics Agricultural, 18(1), 63–77.




DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.12105652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sri Umiyat, Djoko Siswanto Muhartono, Titiek Indhira Agustin, Sri Hartati Setyowarni

 


Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia

E-ISSN :2986-7002