Membangun Motivasi Untuk Meningkatkan Minat Kuliah Bagi Siswa SMA Jaya Negara Makassar

Harti Oktarina, Herlina H, Sitti Hajar Aswad, Surahman Nur

Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan fokus utama pada pembangunan motivasi siswa di tingkat sekolah menengah untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan melibatkan berbagai metode interaktif dan pendekatan partisipatif untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang manfaat pendidikan tinggi. Metode yang digunakan melibatkan penyelenggaraan seminar dengan siswa orang tua serta tenaga pendidik di beberapa sekolah menengah di wilayah tertentu. Selain itu, kegiatan ini juga mencakup distribusi materi informasi mengenai berbagai pilihan pendidikan tinggi, proses seleksi, dan sumber daya keuangan yang dapat diakses oleh siswa. Hasil kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terkait manfaat pendidikan tinggi, pilihan karir yang mungkin, serta dukungan yang tersedia untuk mewujudkan perjalanan pendidikan mereka. Dalam partisipasi orang tua dan guru, kegiatan ini berhasil menciptakan lingkungan yang mendukung dan memotivasi siswa untuk menjalani proses pendidikan lebih lanjut. Implikasi dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam membantu meningkatkan minat siswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Oleh karena itu, keberlanjutan dari kegiatan ini dan implementasi strategi yang diperoleh dapat menjadi landasan bagi pengembangan program pembinaan motivasi di tingkat sekolah menengah lainnya.


Keywords


Motivasi, Minat Kuliah, Siswa SMA Jaya Negara Makassar

Full Text:

PDF

References


Bassy, M. (2002). Motivation and Work -Investigation and Analysis of Motivation Factors at Work (Dissertation). Ekonomiska institutionen. Retrieved from http://urn.kb.se/resolve?urn=urn:nbn:se:liu:diva-1086

Claro, S., Paunesku, D., & Dweck, C. S. (2016). Growth mindset tempers the effects of poverty on academic achievement. Proceedings of the National Academy of Sciences, 113(31), 8664-8668.

Crawford, C., Gregg, P., Macmillan, L., Vignoles, A., & Wyness, G. (2016). Higher education, career opportunities, and intergenerational inequality. Oxford Review of Economic Policy, 32(4), 553-575.

Gregg, P., Macmillan, L., & Vittori, C. (2015). Nonlinear Estimation of Lifetime Intergenerational Economic Mobility and the Role of Education. Department of Quantitative Social Science Working Paper. 15-03, University College London .

Rhew, E., Piro, J. S., Goolkasian, P., & Cosentino, P. (2018). The effects of a growth mindset on self-efficacy and motivation. Cogent Education, 5(1), 1492337

Saenz, V. & Barrera, D. (2007). What we can learn from UCLA's "First in My Family" data? Retention in Higher Education, 21(9), 1-3.

York-Anderson, D. C., & Bowman, S. L. (1991). Assessing the college knowledge of firstgeneration and second-generation college students. Journal of College Student Development, 32, 116-122




DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.10580150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Harti Oktarina, Herlina H, Sitti Hajar Aswad, Surahman Nur

 


Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia

E-ISSN :2986-7002