Optimalisasi UMKM Melalui Legalitas Usaha dan Branding Menggunakan Aplikasi Canva Di Kelurahan Medokan Ayu Kota Surabaya

Susi Ratnawati, Nur Hidayah Romadhona, Ivvone Ramaniar Dermawan, Andhini Widhianti

Abstract


UMKM merupakan sektor bisnis yang dijalankan oleh perseorangan, badan usaha skala kecil, ataupun rumah tangga, yang dibedakan berdasarkan besar kecilnya modal usaha serta jumlah karyawan yang dimiliki. Dalam menjalankan usaha UMKM dengan memiliki legalitas serta membangun branding di era digital yang semakin maju setiap tahunnya telah menjadi kunci utama yang dapat membawakan dampak positif untuk keberlanjutan bisnis(Putra, 2016). Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk meningkatkan UMKM membuat legalitas usahanya dengan benar serta memanfaatkan aplikasi Canva untuk menciptakan bahan branding di media sosial di era digital, khususnya di Kelurahan Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya yang dimana masyarakatnya mayoritas belum mendaftarkan legalitas halal serta belum melakukan branding produk di era digital. Melalui penyuluhanan legalitas masyarakat dapat mengerti bagaimana cara mendaftarkan produk usahanya ke lembaga agar lebih terpecaya hasil produknya serta melalui penyuluhan aplikasi Canva masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi tersebut dengan mudah, karena aplikasi tersebut dirancang untuk mempermudah pengguna dalam pembuatan konten atau bahan branding. Metode dalam pengabdian ini terdiri dari tiga tahap yaitu observasi, wawancara , serta pelaksanaan pelatihan.


Keywords


Optimalisasi, UMKM, Legalitas, branding

Full Text:

PDF

References


Framita, D. S., Maulita, D., Ekonomi, F., & Raya, U. S. (2020). Peningkatan Penjualan Melalui Pengemasan , Labelling dan Branding Produk di Desa Sukaratu Kecamatan

Cikeusal Kabupaten Serang. 2, 107–118. https://doi.org/10.36407/berdaya.v2i3.254

Putra, A. H. (2016). Peran UMKM dalam Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora.

Riyanto, S., Nur, M., Azis, L., & Putera, A. R. (2022). Pendampingan UMKM dalam Penggunaan Digital Marketing pada Komunitas UMKM di Kabupaten Madiun. 5(1), 137–142.

Sholeh, M., & Susanti, E. (2020). Penggunaan aplikasi canva untuk membuat konten gambar pada media sosial sebagai upaya mempromosikan hasil produk ukm. 4(November), 430–436.

Sosial, J. L., Harahap, H. S., Dewi, N. K., Ningrum, E. P., Komunikasi, F. I., Bhayangkara, U., Raya, J., Bhayangkara, U., & Raya, J. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM. 3(2).

Sosialisasi, M. D. A. N. (2014). Masyarakat dan sosialisasi. 12(22), 107–115.

Ulum, A. S., Theressa, T. D., Firmansyah, A., Rohman, F., Hayam, U., & Perbanas, W. (2020). PENINGKATAN KUALITAS PRODUK UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING DAN LEGALITAS PRODUK DI DESA CERME. 16–24.

Yuliarti, N. C., & Setianingsing, W. E. (2022). Sosialisasi dan Pelatihan Peningkatan Produktivitas dan Pengembangan Produk UMKM Pengolahan Kopi di UMKM

Pengolahan Kopi Desa Sidodadi Jember Socialization and Training on Increasing Productivity and Development of Coffee Processing MSME Products in MSME Coffee Processing Village Sidodadi Jember. 3(2), 87–92.




DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.10362275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Susi Ratnawati, Nur Hidayah Romadhona, Ivvone Ramaniar Dermawan, Andhini Widhianti

 


Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia

E-ISSN :2986-7002