Inovasi Biji Karet Sebagai Produk Souvenir dan Panganan Keripik Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat di Desa Wisata Aranio

Purboyo Purboyo, Farida Yulianti, Teguh Wicaksono, Aida Vitria, Abdurrahim Abdurrahim, Firdaus Firdaus

Abstract


Desa Aranio banyak terdapat kebun karet sehingga limbah biji karet sangat banyak dan mudah didapat, namun sayang belum ada penduduk desa yang memanfaatkan limbah biji karet tersebut.Tujuan dari Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk memberdayakan masyarakat Desa Aranio melalui sosialisasi dan pelatihan memanfaatkan biji karet untuk dijadikan souvenir dan produk panganan keripik. Olahan biji karet ini dapat menjadi salah satu sarana untuk meningkatan perekonomian warga Desa Aranio, dimana hasil olahan biji karet berupa keripik dan souvenir dapat di jual di daerah wisata Sungai Kambang desa Aranio. Metode yang dilaksanakan adalah berupa sosialisasi, ceramah, diskusi, tanya jawab dan pelatihan pemanfaatan biji karet sebagai produk suvenir dan panganan keripik. Mitra pengabdian adalah ibu-ibu yang ada di desa Aranio. Hasil dari pengabdian ini adalah dapat memberikan solusi atas permasalahan masyarakat desa Aranio dengan  sosialisasi dan pelatihan pemanfaatan biji karet menjadi produk yang bermanfaat dan memberikan nilai tambah sehingga masyarakat pada akhirnya mempunyai keterampilan bagaimana mengolah biji karet yang dapat dijadikan sebagai sovenir dan panganan keripik yang dapat di konsumsi sendiri atau alternatif tambahan penghasilan.


Keywords


Biji Karet, Keripik, Pelatihan, Sosialisasi, Souvenir

Full Text:

PDF

References


Alatas, A., Mashadi, M., Sasmi, M., Susanto, H., Jamalludin, J., Vermila, C. W., ... & Kesambamula, E. (2022). Pemanfaatan Kearifan Lokal “Biji Karet “Sebagai Cemilan Yang Bernilai Ekonomis Di Desa Banjar Benai. Bhakti Nagori (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 2(1), 17-24.

Br Gultom Novianti, Purboyo, Sudirman Acai. (2023). Manajemen Pemasaran (Kajian Teoritis dan Praktis). Bandung. Media Sains Indonesia.

Harini Fajar Ningrum, Fitri Nasution, Purboyo. (2021). Pengantar Ilmu Manajemen (Sebuah Pendekatan Konseptual). Bandung. Media Sains Indonesia.

Nirmalasari, R., & Saraswati, A. (2023). Pembuatan Kue Kering Berbahan Dasar Biji Karet di MA Darul Ulum Kota Palangkaraya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(4), 96-103.

Ramasari, M. (2022). Optimalisasi Pemanfaatan Biji Karet (Hevea Brasiliensis) Menjadi Gantungan Kunci dan Stik Pistop (Pisang Toping). Bakti Nusantara Linggau: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 62-69.

Riabarleany, D., Heriyanto, H., & Muliyadini, W. (2017). Teknologi Pengolahan Limbah Biji Karet Menjadi Produk Olahan Makanan Ringan. Jurnal Pengabdian Dinamika, 4(1).

Suci Purwandari, Singgih Purnomo, Purboyo. (2022). Manajemen Pemasaran (Konsep Pemasaran Digital), Bandung: Media Sains Indonesia

Sukamto, D. S., Al Habib, I. M., Maharani, L., & Aswan, M. S. (2018). Pemanfaatan Biji Karet Dalam Peningkatan Pendapatan Masyarakat Perkebunan Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 33-40.




DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.10325885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Purboyo Purboyo, Farida Yulianti, Teguh Wicaksono, Aida Vitria, Abdurrahim Abdurrahim, Firdaus Firdaus

 


Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia

E-ISSN :2986-7002