Penguatan Karakter Pelajar Pancasila untuk Siswa SMP

Ari Wahyu Leksono, Irfan Hadi, Chandra Sagul Haratua, Lidya Natalia Sartono, Nia Liska Saputri, Iramdan Iramdan, Bado Riyono

Abstract


Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang memberikan arah tujuan karakter baik yang diambil dari nilai-nilai yang berakar dari bangsa Indonesia. Tujuan kegiatan ini adalah untuk kepada masyarakat adalah untuk menanamkan penguatan karakter pelajar pancasila di SMP Dreiwanti kota Bekasi. Kegiatan diikuti oleh 25 siswa kelas VII. Kegiatan ini berlangsung pada bulan Mei hingga September 2022 di SMP Dreiwanti Kota Bekasi. Kegiatan dapat menghasilkan luaran berupa hasil memelihara lele dan memanen sayur sawi. Ada 1 kelompok yang belum mencapai target, hal ini menjadi evaluasi kegiatan. Sekolah hendaknya dapat membuat program lai yang lebih menarik, untuk membentuk pelajar Pancasila.


Keywords


Karakter, pelajar, pancasila

Full Text:

PDF

References


Eti Nurhayati. (2011). Pskilogi Pendidikan Inovatif. Pustaka Pelajar.

Fardiansyah, H. (2022). Manajemen Pendidikan (Tinjaun Pada Pendidikan Formal). Widina Media Utama.

Hatta, N. R., Asbari, M., Novitasari, D., & Purwanto, A. (2023). Hargailah Orang Lain, Setiap Orang Mempunyai Pandangan Hidup Yang Berbeda–Beda: Sebuah Kajian Filosofis. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 74-78.

Nurzakiyah, C. (2018). Literasi Agama Sebagai Alternatif Pendidikan Moral. Jurnal Penelitian Agama, 19(2), 20-29.

Irawati, Iqbl , Hasanah, A. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238.

Saputri, N. L., Widiyarto, S., Nugroho, N., & Hadi, I. (2022). Penyuluhan Digital Untuk SMP YWKA 2. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(1), 96-102.

Widiyarto, S., Hamonangan, R. H., Damayanti, N., Sutina, S., & Widiarto, T. (2022). Kesantunan Bersosial Media Dan Gawai Pada Siswa SMP. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(2), 189-194.

Widiyarto, S. (2023). SNBT Debriefing for Students of SMA Kanzul Mubarok Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 2(3), 217-224.




DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.10157054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ari Wahyu Leksono, Irfan Hadi, Chandra Sagul Haratua, Lidya Natalia Sartono, Nia Liska Saputri, Iramdan Iramdan, Bado Riyono

 


Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia

E-ISSN :2986-7002