Pelatihan Praktikum Sederhana Berbasis KIT IPA Fisika bagi Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 2 Campalagian

Arie Arma Arsyad, Muh. Tawil, Muhammad Aqil Rusli

Abstract


Pembelajaran IPA Fisika di SMA Negeri 2 Campalagian masih belum pernah menggunakan KIT sehingga dalam mengajarkan pemahaman materi fisika kepada peserta didik masih sebatas penejelasan di kelas saja. Kondisi ini mendasari tim pengabdi dalam membantu guru mata pelajaran fisika di sekolah tersebut untuk menyiapkan peserta didik terampil dalam kegiatan praktikum. Metode yang digunakan untuk mencapai kegiatan tersebut adalah metode demonstrasi dan latihan mandiri. Peserta didik yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 23 orang dengan kegiatan praktikum sebanyak 6 unit, yaitu pengukuran, hukum Archimedes, suhu dan kalor, bidang miring, hukum Ohm, dan ayunan sederhana. Melalui kegiatan demosntrasi dan latihan mandiri, peserta didik mampu merangkai alat dan bahan untuk kegiatan praktikum, melakukan pengamatan dengan benar, dan menyimpulkan hasil praktikum berdasarkan data hasil pengamatan dengan benar. Hasil ini menunjukkan bahwa mitra terampil melakukan kegiatan praktikum berbasis KIT pada 6 uni percobaan.

Keywords


praktikum, kit ipa fisika, pemahaman materi

Full Text:

PDF

References


Astuti, L. S., (2017). Penguasaan Konsep IPA Ditinjau dari Konsep Diri dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Formatif, 7(1), 40-48. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1293

Dewi, V. P., Doyan, A., & Soeprianto, H. (2017). Pengaruh model penemuan terbimbing terhadap keterampilan proses sains ditinjau dari sikap ilmiah pada pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 60–67. https://doi.org/10.29303/jppipa.v3i1.102

Elisa., Mardiyah, A., & Ariaji, R. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika dan Aktivitas Mahasiswa Melalui Phet Simulation. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran, 1(1): 15-20.http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v1i1.15-20

Hizbi, T. (2019). Pengaruh metode demonstrasi menggunakan laboratorium virtual dan riil terhadap keterampilan proses sains siswa. Kappa Journal, Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Hamzanwadi, 3(1), 50–57. https://core.ac.uk/download/pdf/229259603.pdf

Mala, N. A. & Widodo, W. (2017). Kelengkapan Media Dalam Pembelajaran IPA Serta Keterampilan Proses Sains Pada Siswa Kelas VIII SMP. PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains, 5(03), 200– 203. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/19486

Oktafiani, P., Subali, B., & Edie, S. S. (2017). Pengembangan alat peraga kit optik serbaguna (APKOS) untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 189- 200. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14496

Rizal, R., & Suhandi, A. (2017). Penerapan pendekatan demonstrasi interaktif untuk meningkatkan keterampilan dasar proses sains siswa. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 40 – 50. http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v3i1.2411

Royani, I., Mirawati, B., & Jannah, H. (2018). Pengaruh model pembelajaran langsung berbasis praktikum terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 46 – 55. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.966

Siahaan, K. W. A., Lumbangaol, S. T., Marbun, J., Nainggolan, A. D., Ritonga, J. M., & Barus, D. P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multi Representasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Basicedu, 5(1), 195-205. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.614

Simanjuntak, N. D. P., Rohiat, S., & Elvinawati, E. (2017). Hubungan antara sarana laboratorium terhadap keterampilan proses sains siswa kelas XI MIPA 5 di SMA Negeri 3 Kota Bengkulu. Alotrop, 1(2), 102 – 105. https://doi.org/10.33369/atp.v1i2.3511

Siswono, H. (2017). Analisis pengaruh keterampilan proses sains terhadap penguasaan konsep fisika siswa. Momentum: Physics Education Journal, 1(2), 83 – 90. http://dx.doi.org/10.21067/mpej.v1i2.1967

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran berbasis praktikum sebagai sarana siswa untuk berlatih menerapkan keterampilan proses sains dalam materi biologi. Bio Educatio, 2(2), 49 – 57. https://core.ac.uk/download/pdf/228883707.pdf

Wiyatmo, Y., Ruwanto, B., & subroto, s. (2018). Pelatihan Penggunaan Kit Listrik Magnet SEQIP Bagi Guru-Guru IPA SD di Kabupaten Bantul. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 2(1), 48-55. doi:https://doi.org/10.21831/jpmmp.v2i1.18723

Zuhra, F., Nurhayati, N., Safarati, N., Rahma, R., & Jasmaniah, J. (2021). Pelatihan Implementasi Literasi Dan Numerasi Dalam Proses Pembelajaran Untuk Guru MTsS. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 3434–3441.




DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.10143392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Arie Arma Arsyad, Muh. Tawil, Muhammad Aqil Rusli

 


Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia

E-ISSN :2986-7002