Pelatihan Praktikum Sederhana Berbasis KIT IPA Fisika bagi Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 2 Campalagian
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, L. S., (2017). Penguasaan Konsep IPA Ditinjau dari Konsep Diri dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Formatif, 7(1), 40-48. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1293
Dewi, V. P., Doyan, A., & Soeprianto, H. (2017). Pengaruh model penemuan terbimbing terhadap keterampilan proses sains ditinjau dari sikap ilmiah pada pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 60–67. https://doi.org/10.29303/jppipa.v3i1.102
Elisa., Mardiyah, A., & Ariaji, R. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika dan Aktivitas Mahasiswa Melalui Phet Simulation. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran, 1(1): 15-20.http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v1i1.15-20
Hizbi, T. (2019). Pengaruh metode demonstrasi menggunakan laboratorium virtual dan riil terhadap keterampilan proses sains siswa. Kappa Journal, Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Hamzanwadi, 3(1), 50–57. https://core.ac.uk/download/pdf/229259603.pdf
Mala, N. A. & Widodo, W. (2017). Kelengkapan Media Dalam Pembelajaran IPA Serta Keterampilan Proses Sains Pada Siswa Kelas VIII SMP. PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains, 5(03), 200– 203. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/19486
Oktafiani, P., Subali, B., & Edie, S. S. (2017). Pengembangan alat peraga kit optik serbaguna (APKOS) untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 189- 200. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14496
Rizal, R., & Suhandi, A. (2017). Penerapan pendekatan demonstrasi interaktif untuk meningkatkan keterampilan dasar proses sains siswa. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 40 – 50. http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v3i1.2411
Royani, I., Mirawati, B., & Jannah, H. (2018). Pengaruh model pembelajaran langsung berbasis praktikum terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 46 – 55. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.966
Siahaan, K. W. A., Lumbangaol, S. T., Marbun, J., Nainggolan, A. D., Ritonga, J. M., & Barus, D. P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multi Representasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Basicedu, 5(1), 195-205. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.614
Simanjuntak, N. D. P., Rohiat, S., & Elvinawati, E. (2017). Hubungan antara sarana laboratorium terhadap keterampilan proses sains siswa kelas XI MIPA 5 di SMA Negeri 3 Kota Bengkulu. Alotrop, 1(2), 102 – 105. https://doi.org/10.33369/atp.v1i2.3511
Siswono, H. (2017). Analisis pengaruh keterampilan proses sains terhadap penguasaan konsep fisika siswa. Momentum: Physics Education Journal, 1(2), 83 – 90. http://dx.doi.org/10.21067/mpej.v1i2.1967
Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran berbasis praktikum sebagai sarana siswa untuk berlatih menerapkan keterampilan proses sains dalam materi biologi. Bio Educatio, 2(2), 49 – 57. https://core.ac.uk/download/pdf/228883707.pdf
Wiyatmo, Y., Ruwanto, B., & subroto, s. (2018). Pelatihan Penggunaan Kit Listrik Magnet SEQIP Bagi Guru-Guru IPA SD di Kabupaten Bantul. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 2(1), 48-55. doi:https://doi.org/10.21831/jpmmp.v2i1.18723
Zuhra, F., Nurhayati, N., Safarati, N., Rahma, R., & Jasmaniah, J. (2021). Pelatihan Implementasi Literasi Dan Numerasi Dalam Proses Pembelajaran Untuk Guru MTsS. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 3434–3441.
DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.10143392
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Arie Arma Arsyad, Muh. Tawil, Muhammad Aqil Rusli
E-ISSN :2986-7002