Abstract
Mengajarkan bahasa Inggris pada anak Sekolah Dasar bukan hal yang mudah mengingat bahasa Inggris merupakan bahasa asing bagi siswa di Indonesia. Berbagai tantangan dan kendala bisa dialami guru dalam mengajar bahasa Inggris; utamanya dalam melatih keterampilan produktif siswa seperti keterampilan speaking atau berbicara. Oleh karenanya, pengajaran bahasa Inggris harus menerapkan metode, teknik, strategi, atau menggunakan media pembelajaran yang menarik dan bervariasi untuk dapat memotivasi siswa belajar. Berdasarkan hal ini, kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk membantu memaksimalkan pembelajaran bahasa Inggris bagi anak-anak usia sekolah dasar, sekaligus mengenalkan bahasa Inggris bagi mereka yang belum pernah mempelajarinya. Kegiatan ini difokuskan pada pembelajaran dan pelatihan berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan media visual sebagai strategi untuk menstimulasi anak berbicara bahasa Inggris. Target yang ingin dicapai adalah terciptanya kegiatan belajar bahasa Inggris yang menyenangkan dan meningkatnya kemampuan berbicara bahasa Inggris anak-anak usia sekolah dasar. Diharapkan kegiatan ini dapat memberi dampak positif berupa meningkatnya penguasaan bahasa Inggris anak-anak peserta pelatihan, sehingga mereka nantinya dapat memanfaatkan bekal pengetahuan dan keterampilan tersebut dalam kehidupan mereka baik untuk saat ini maupun untuk masa depan mereka nanti.
Keywords
Media Visual, Strategi, Anak
References
Cameron, L. (2001). Teaching Language to Young Learners. Cambrigde : Cambridge University Press
Elpia, N. dan Saridewi. (2020). Stimulasi Kemampuan Berbicara Anak Melalui Media Poster. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 4 Nomor 2 Tahun 2020.
Purnaningsih, P. (2017). Strategi Pemanfaatan Media Audio Visual Untuk Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Informatika Universitas Pamulang. 34 Vol. 2, No. 1, Maret 2017.
Setyawan, F.H., (2016). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Audio Visual Berbasis Android. Jurnal Pg- - Paud Trunojoyo, Volume 3, Nomor 2, Oktober 2016.
Udayanti, L.M., (2021). Penggunaan Media Visual “Poster Bergambar†Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Lampuhyang Lembaga Penjaminan Mutu Stkip Agama Hindu Amlapura. Volume 12 Nomor 2 Juli 2021.