Sosialisasi Metode Pembelajaran Role Play Dalam Peningkatan Komunikasi Bahasa Inggris Menggunakan Perangkat Multimedia di SMAN 8 Palembang

Yuspar Uzer, Herlina H, Marleni M, Ferri Hidayad, Yus Vernandes Uzer, Reza Syahbani, Ali Akbar Zam

Abstract


Role playing merupakan pementasan drama yang sangat sederhana. Peran diambil dari kehidupan sehari-hari (bukan imajinatif). Role playing merupakan langkah awal dalam pengajaran drama. Dari role playing dapat dicapai aspek perasaan, sikap, nilai, persepsi, keterampilan pemecahan masalah, dan pemahaman terhadap pokok permasalahan. Para murid berpartisipasi sebagai pemain dengan peran tertentu atau sebagai pengamat bergantung dari tujuan-tujuan dari penerapan metode  “role playing is the acting of roles decided upon in advanced, for such purpose as recreating historical scenes of the past, possible event of the future, significant current events, or imaginary situations at any place or timeâ€. Dapat diartikan bahwa bermain peran adalah memerankan dari suatu keputusan peraturan yang teratur, untuk tujuan seperti menciptakan kembali adegan sejarah dari peristiwa masa lalu, memungkinkan peristiwa yang akan datang, peristiwa nyata yang signifikan, atau situasi imajiner di setiap tempat atau waktu.


Keywords


Sosialisasi Metode Role Play, Komunikasi Bahasa Inggris, Multimedia

Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidikan.2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:BSNP

G.Arsjad, Maidar, Dra. dan U.S, Mukti, Drs.1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga

Joanna Budden, British Council. Spain, http://www.teachingenglish.org.uk/think/ speak/role_play.shtml (10 Oktober 2006) 103

Ladousse, Gillian Porter. 1987. Role Play. Oxford: Oxford University Press

Nur, Mohamad, Prof.Dr. 1999. Teori Belajar. Surabaya : University Press UNESA

Paulston, Christina Bratt, dkk. 1975. Developing Communicative Competence. Pittsburg: Universiy of Pittsburg Press.

Poole, Deborah and Thrush, Emily Austin.l991. Interactions II: A Speaking Activities Book . Singapore: McGraw-hill, Inc.

Tarigan, Henry Guntur, Prof. Dr. 1986. Berbicara Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa

Tim Pelatih Proyek PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta : Depdikbud Direktorat Pendidikan Tinggi, Pengembangan Guru Sekolah Menengah




DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.10081149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yuspar Uzer, Herlina H, Marleni M, Ferri Hidayad, Yus Vernandes Uzer, Reza Syahbani, Ali Akbar Zam

 


Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia

E-ISSN :2986-7002