Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pemerintah di Dinas Pertanian Labuhanbatu Utara

Rida Arnisah, Mustafa Khamal Rokan, Kusmilawaty K

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Fungsi Pemeriksaan Internal terhadap Kinerja Pemerintah di Dinas Pertanian Labuhan Batu Utara. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis regresi berganda. Sebagai responden adalah 35 pegawai di Dinas Pertanian Labuhan Batu Utara yang dipilih dengan metode sampel jenuh. Instrumen penelitian ini adalah kuisioner dengan skala likert. Hasil Penelitian ini menyatakan bahwa Akuntabilitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pemerintahan di Dinas Pertanian Labuhan Batu Utara. Sehingga jika terdapat peningkatan akuntabilitas, maka akan mampu memberikan dampak peningkatan pada kinerja pemerintahannya. Transparansi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pemerintahan di Dinas Pertanian Labuhan Batu Utara. Adapun strategi yang dilaksanakan dalam meningkatkan transparansi maka akan berdampak pada kinerja pemerintahan. Kompetensi Sumber Daya Manusia berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pemerintahan di Dinas Pertanian Labuhan Batu Utara. Sehingga jika terdapat peningkatan kualitas dan kompetensi pegawai, maka akan mampu memberikan dampak peningkatan pada kinerja pemerintahannya. Pemeriksaan Internal tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemerintahan di Dinas Pertanian Labuhan Batu Utara. Sehingga jika walaupun pemeriksanaan internal dilaksanakan secara intensif, maka tidak akan memberikan perubahan pada kinerja pemerintahannya. Akuntabilitas, Transparansi, Kompetensi Sumber Daya Manusia, dan Pemeriksanaan Internal berpengaruh secara simultan terhadap Kinerja Pemerintahan di Dinas Pertanian Labuhan Batu Utara. Adapun besar pengaruh dari koefisien determinasinya adalah 63,3%. Kondisi ini menunjukan bahwa pengaruh yang diberikan berada pada kondisi yang kuat.

Keywords

Akuntabilitas, Transparansi, Kompetensi, Pemeriksaan internal, dan Kinerja Pemerintah

Full Text:

PDF

References

Abdullah, M. W. (2020). Akuntansi Syariah (Isu, Konsep, dan Refleksi). Gowa: Pusaka Al-Maida.

Adrizayani, S. (2008). Rekrutmen Sumber Daya Manusia. Sistem Informasi SDM - 3, 1–5.

Akmal. (2019). Pemeriksaan Manajemen Internal Audit Edisi Kedua. Jakarta: PT Indeks Jakarta.

Arif, M. N. R. Al. (2015). Teori Mikro Ekonomi : Suatu Perbandingan Ekonomi Islam dan Ekonomi Konvensional. Jurnal Muamalah, Volume 5(Nomer 4), 1–12.

Astuti, R. M. (2013). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi dan Fungsi Pemeriksaan Intern Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Grobogan). Naskah Publikasi FEB UMSU.

Azwar. (2015). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dianty, R. N. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Pelayanan Di Hotel Edotel Syariah Banjarmasin. Jurnal Manajemen Ekonomi.

Erlina. (2019). Akuntansi Keuangan Daerah Berbasisi Akrual. Jakarta: Salemba Empat.

Ghazali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap, M. I., & Harahap, R. D. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Aset BPRS. Al-Tijaroh Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam, 5(1), 67–82.

Harahap, R. D. (2020). Akuntansi Syariah. Diktat Akuntansi Syariah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 298.

Herawaty, H. (2021). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi Dan Fungsi Pemeriksaan Intern Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah (Studi Empiris Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Ende). Skripsi Universitas Flores.

Jitmau, F., Kalangi, L., & Lambey, L. (2017). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi dan Fungsi Pemeriksaan Intern Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah (Studi Empiris Di Kabupaten Sorong). Jurnal Riset Akuntansi Dan Auditing “Goodwill,†8(1), 276–285. https://doi.org/10.35800/jjs.v8i1.16036

Juni, D. P. (2014). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya. Manusia. Bandung: Alfabeta.

Liu, M. S. (2020). Pengaruh Akuntabilitas, Partisipasi Masyarakat, Transparansi, Dan Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul. Skripsi Akuntansi Atmajaya Yogyakarta. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Mahmudi. (2019). Manajemen Kinerja Sektor Publik (Edisi Keti). Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

Mahsun. (2020). Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta : BPFE.

Mardiasmo. (2018). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : Penerbit ANDI. Yogyakarta : Penerbit ANDI.

Muluk, M. khairul. (2015). Desentralisasi & Pemerintahan Daerah. Malang: PT. Bayu Media.

Nordiawan, D. (2020). Akuntansi Sektor Publik. Jakarta : Salemba Empat.

Putri, A. C. P., & Akbar, F. S. (2022). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Pada Opd Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(2), 14–25.

Rahmani, N. A. B. (2016). Metodologi Penelitian Ekonomi. Medan: FEBI UIN-SU Press.

Sari, P. F. N. P., Sumariani, N. W. W., Cahayani, N. K. R., & Dewi, K. Y. W. (2019). Analisis Pengelolaan Keuangan Desa Buruan, Kecamatan Penebel Kabupaten Tabanan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 7(2), 1–12. https://doi.org/10.23887/jinah.v7i2.19963

Simamora, H. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIEY.

Sinambela, P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sutrisno. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syabri, B. A. (2022). Analisis Sistem Informasi Akuntansi dan Kinerja Pegawai terhadap Kualitas Laporan Keuangan pada Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah I Medan. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(3), 979–991.

Syafina, L. (2018). Panduan penelitian Kuantitatif Akuntansi. Medan: Febi Press.

Tunggal, A. W. (2018). Pokok-Pokok Audit Internal. Jakarta: Harvarindo.

Wahyuni, E. S., & Rosmida, R. (2016). Analisis Kinerja Aparat Pemerintah Daerah (Studi Empiris Pada Pemerintah Kabupaten Bengkalis). Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 4(2), 99. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v4i2.74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.