Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa dengan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD Pada Pembelajaran Biologi

Alfin Nurnafiah Nurnafiah

Abstract

Kepaduan pembelajaran kurikulum merdeka ternyata kurang berdampak pada pembelajaran Biologi yang dilaksanakan di sekolah. Inovasi pembelajaran yang minim  menyebabkan siswa kurang dapat terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Selain itu pembelajaran yang belum berpusat pada siswa menyebabkan siswa kurang dapat mengeksplorasi materi pelajaran yang diberikan karena pembelajaran terkesan monoton dan siswa menjadi bosan. Sesuai dengan permasalahan yang  dihadapi siswa dengan gambaran tersebut maka diperlukan adanya inovasi penggunaan model pembelajaran yang dapat meningkatkan antusiasme siswa dengan meningkatkan kemampuan berfikir kritis. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning  (PBL)  Berbantuan LKPD. Subjek penelitian adalah siswa kelas X7 sebanyak 36 siswa. Selanjutnya  objek penelitian ini adalah hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Biologi setelah mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning  (PBL)  Berbantuan LKPD.  Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan hasil belajar  kognitif siswa dengan metode tes. Teknik analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah teknik analisis deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I 76,6 dan meningkat pada siklus II menjadi 80,2.  Ketuntasan hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 69% dan meningkatkan pada siklus II menjadi 86%.  Jadi, model Problem Based Learning  (PBL)  Berbantuan LKPD efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Biologi pada kelas X7 SMA Negeri 1 Purwoharjo.

Keywords

PBL, Hasil Belajar, LKPD, Biologi

Full Text:

PDF

References

Amali, K., Kurniawati, Y., & Zlhiddah. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar: Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 191–202. http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151

Dewi, Widya Puspita., Bayu, Gd. Wira dan Ni Nym. Arca Aspini. 2021. Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran IPA) pada Siswa Kelas IV SD: Journal Basic Education Studies, 4(2), 158-164. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS.

Ekawati, N. P. N., Dantes, N., & Marhaeni, A. A. I. N. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis 4C Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas IV SD Gugus III Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1), 41–51. https://doi.org/10.23887/jpdi.v3i1.2866.

Endaningsih. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw (PTK pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA 97 Jakarta). Jurnal Formatif. 2(1): 10-22. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/83/82.

Kono, R., Mamu, H., & Tangge, L. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Tentang Ekosistem dan Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 1 Sigi: Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, 5(1), 28-38. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JSTT/article/view/6958/5595.

Lestari, Niken Dwi. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Evolusi: Indonesian Journal of Education and Learning, 6(1), 11- 18. https://doi.org/10.29407/e.v5i2.12079.

Meilasari, S., M, D., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains. 3(2): 195–207. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/BIOEDUSAINS/article/view/1849.

Novika Auliyana, S., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian

Oktaviani, L., & Tari, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA pada Siswa Kelas VI SD No 5 Jineng Dalem: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 10–15. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i1.10718.

Pramudya, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan PBL: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 320–329. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.391.

Putra, A. G. P., & Bektiarso, S. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika di SMA (Kelas X SMA Negeri 3 Jember): Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 129-134. https://www.neliti.com/publications/138662.

Putri, A. A. A., Swatra, I. W., & I Made Tegeh (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Siswa Kelas III SD: Jurnal Mimbar Ilmu, 1(1), 21–32. http://dx.doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407.

Putri, Dian P.E., Djumanto dan Suti Mayati. 2022. Review: Integrasi Media Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar di Lingkungan Siswa SMK: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 8(2), 1-20. DOI 10.32923/edugama.v8i1.2468.

Rahma, N. A., & Pujiastuti, H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Cilegon: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(1), 1-12. DOI: https://dx.doi.org/10.19166/johme.v5i1.3811.

Regita C, Pramesthi, D., Hakim, A. R., & Triwahyuningtyas, D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja PesertaDidik (LKPD) Pada Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Pada Kelas IV Sekolah Dasar: Prosiding Seminar Nasional PGSD Unikama, 4, 291–303. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/511.

Suginem. 2021. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa: Jurnal Metaedukasi, 3(1), 32- 36. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/metaedukasi

Supiandi, M. I., & Julung, H. (2016). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar kognitif siswa biologi SMA: Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60-64. http://dx.doi.org/10.17977/jps.v4i2.8183

Tyas, R. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika: Jurnal Tecnoscienza, 2(1), 43–52. https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/TECNOSCIENZA/article/view/26/20.

Zakia, R., Khaldun, I., & Safitri, R. (2018). Pengaruh Problem Based Learning Melalui School Watching Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa di SMP: Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(1), 46–54. DOI: 10.24815/jpsi.v6i1.10748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.