Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Pemberian ASI Eksklusif di Puskesmas Patebon II Kabupaten Kendal

Shinta Ayu Nani

Abstract

Cakupan ASI eksklusif di Puskesmas Patebon II Kabupaten Kendal menduduki peringkat terendah kedua selama dua tahun berturut-turut sebanyak 25% (Tahun 2021) dan 19.09% (Tahun 2020), sedangkan cakupan  ASI eksklusif di Kabupaten Kendal tahun 2021 sebesar 55%. Rendahnya capaian ASI eksklusif di Puskesmas Patebon II dikarenakan kurangnya pengetahuan ibu dan keluarga tentang ASI eksklusif dan kurang sabar serta telaten ibu dan keluarga karena ASI belum keluar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab rendahnya pemberian ASI eksklusif di Puskesmas Patebon II Kabupaten Kendal. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain observasional pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu yang mempunyai bayi usia lebih dari 6 bulan di wilayah kerja Puskesmas Patebon II Kabupaten Kendal. Teknik Analisa data menggunakan uji chi square dan regresi logistic. Hasil penelitian menunjukkan variabel yang mempengaruhi pemberian ASI eksklusif adalah pekerjaan ibu dengan nilai p value 0.045 < 0,05. Pada nilai Nagelkerke R Square diperoleh 0,374 berarti bahwa variable usia, paritas, pendidikan, pekerjaan, tempat persalinan dan pengetahuan mempengaruhi pemberian ASI Eksklusif sebesar 37,4%. Diharapkan hasil penelitian ini dapat sebagai masukan untuk instansi terkait dalam membuat kebijakan yang tepat guna meningkatkan cakupan ASI eksklusif dan bermanfaat bagi ibu menyusui, peneliti dan Puskesmas.

Keywords

Faktor Pemberian ASI Eksklusif, Rendahnya Pemberian ASI Eksklusif, ASI Eksklusif,

Full Text:

PDF

References

Azizah, N., Indriani, I., & Subriah, S. (2021). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pemberian ASI eksklusif di puskesmas antang kota Makassar. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 12(2), 379–387.

BADAN PUSAT STATSITIK. (n.d.).

Bulu, J., Jutomo, L., & Boeky, D. L. A. (2021). Faktor yang Berhubungan dengan Praktek Pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Rada Mata Kabupaten Sumba Barat Daya. Media Kesehatan Masyarakat, 3(2), 207–214.

Kendal, D. K. K. (2022). Data ASI Eksklusif Kabupaten Kendal.

Kepmenkes No. 450 Th. 2004 Tentang Pemberian ASI. (n.d.).

Kesehatan, K. (n.d.). KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA.

Khofiyah, N. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pemberian ASI eksklusif di Puskesmas Umbulharjo I Yogyakarta. Jurnal Kebidanan, 8(2), 74–85.

Mulyani, S., & Astuti, M. (2018). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Kenali Besar Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi| JIITUJ|, 2(1), 49–60.

Novita, E., Murdiningsih, M., & Turiyani, T. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemberian ASI Ekslusif di Desa Lunggaian Kecamatan Lubuk Batang Kabupaten OKU Tahun 2021. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 157–165.

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA. (n.d.).

Siafitra, M., Febriani, H., & Ernawati, Y. (2021). Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Pemberian ASI Eksklusif di Posyandu Desa Nogotirto Puskesmas Gamping II Sleman. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 14(2).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.