Pemasaran Produk di Televisi Dalam Pandangan Islam: Catatan Atas Iklan Sisipan Pada Sinetron Ikatan Cinta

Atik Andrian Subairi

Abstract

Iklan merupakan salah satu jenis promosi yang paling sering dijumpai dan digunakan oleh para pebisnis dalam memasarkan merek maupun produknya melalui televisi. RCTI Salah satu stasiun TV swasta, pada rentang waktu 2020-2022 menayangkan sinetron “Ikatan Cintaâ€yang mencapai rating tertinggi kategori drama berseri. Tingginya rating yang diraih menarik para pebisnis untuk memasarkan produk melalui iklan, baik iklan reguler maupun iklan sisipin/built in product. Mie Lemonilo salah satu produk baru menayangkan iklan secara massif pada saat sinetron “Ikatan Cinta†berlangsung. Tulisan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat apakah iklan sisipan/built in product di sinetron Ikatan Cinta, khususnya Mie Lemonilo telah memenuhi prinsip-prinsip pemasaran menurut syariat Islam. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengamatan terlibat (participant observation), dan studi dokumentasi menemukan hasil bahwa sebagai produk yang berbahan baku halal, maka pemasaran mie lemonilo dilihat dari hukum Islam adalah boleh (mubah). Namun yang menjadi persoalan adalah pemeran wanita dewasa yang yang memperlihatkan  sebagian aurat yang seharusnya ditutupi, oleh karena itu dianggap telah melanggar salah satu prinsip dalam Islam yaitu  wanita boleh tampil dihadapan publik selama aman dari fitnah dan menutupi seluruh anggota tubuh kecuali muka dan kedua telapak tangan. Oleh karena itu diharapkan agar semua para pebisnis yang berkecimpung diindustri iklan agar mengakomodir kepentingan umat muslim sebagai mayoritas di negeri ini.

Keywords

Iklan dan Islam, Wanita dan Iklan, Iklan Mie Lemonilo

Full Text:

PDF

References

Al- Huly Mahir dan Salim Abdullah Abu Makhzah, http://www.iugaza.edu.ps/ara/research/

Ali Farkus,Syaikh Muhammad.(2023). Kriteria Iklan Yang Syar’i, ttps://muslim.or.id/20313-kriteria-iklan-yang-syari.html

Ali al Kamili, Muhammad. (2007). As-Sunnah, Edisi 03. Surakarta : Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta

Asmaunizar, (2015). Eksploitasi perempuan dalam periklanan menurut pandangan islam, Jurnal Al-Bayan. VOL. 21, NO. 32

Bitaji, Muhammad. (1995). Makanatul mar’ah fi al-Qur’an al-Karim wa al-Sunnah al-Shohiha. Kairo : Darussalam)

Hidayat, D. R. (2015). Dinamika iklan pengobatan alternatif di televisi. Jurnal Kajian Komunikasi, Vol 3

Jaih Mubarak, et.all. (2021). Buku Ekonomi Syariah Bagi Perguruan Tinggi Hukum Strata2. Jakarta : Departeman Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia

Khorul Nisa. (2020). Proses Produksi Iklan Built In Produk La Tulipe Bersama Touch Media melalui Media TRANSTV. Bogor : Sekolah Vokasi IPB

Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Mellawatie, A., Maryani, E., & Aristi, N. (2017). Representasi laki-laki metroseksual dalam iklan vaseline men face moisturizer. Jurnal Manajemen Komunikasi, Vol. 2

Mirandha, I. Y. (2017). Perbandingan persepsi khalayak antara iklan yang mengandung humor dan tidak mengandung humor. PRofesi Humas: Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, Vol. 1

Moleong, L. J. (2008). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muktarruddin. (2019). Eksploitasi media terhadap wanita dalam iklan televisi perspektif Islam, HIKMAH , Vol. 13, No. 2

Mustiko Aji, Hendy. (2019). https://fecon.uii.ac.id/2019/09/pemasaran-syariah-apa-yang-berbeda-dengan-model-konvensional/#:~:text=Secara%20umum%20konsep%20pemasaran%20syariah,Islam%2C%20yakni%20Alquran%20dan%20Hadis

Padmawati, Retna Siwi. (2021).fkkmk.ugm.ac.id/observasi-atau-observasi-partisipasi-dalam-penelitian/#:~:text=“Observasi%20partisipasi%20adalah%20salah%20satu,yang%20panjang%2C%20untuk%20mendapatkan%20pemahaman

Syifana, Nahara Putri, Fitria Dina Riana, Andrean Eka Hardana. (2021). Analisis Sikap Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Mie Instan Lemonilo. Sarjana thesis, Malang : Universitas Brawijaya

Suyanto, M.(2005). Strategi Perancangan Iklan Televisi Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: ANDI

Widyatama, Rendra. (2005). Pengantar Periklanan. Yogyakarta : Pustaka Book Publisher.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.