Brand Strategy Lembaga Amil Zakat (LAZ) Zakat Sukses

Hamzah Robbani, Sadiyah El Adawiyah

Abstract

Indonesia merupakan salah satu dari 100 negara termiskin di dunia. Sri Mulyani, mengatakan bahwa zakat bisa menjadi solusi. Sayangnya dari 217 triliyun, hanya 2% yang bisa dimaksimalkan. Lembaga Amil Zakat (LAZ) mempunyai pekerjaan untuk bisa memaksimalkannya. BAZNAS melalui peraturan nomor 3 tahun 2019 memberikan batasan minimum pengumpulan bagi setiap lembaga. LAZ Zakat Sukses merupakan lembaga zakat kota dengan pengumpulan lebih dari target bahkan bisa mencapai target provinsi pada tahun 2020 (21 milyar rupiah). Maka penelitian terhadap apa yang dilakukannya melalui teori branding strategy menjadi hal menarik.  Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan tipe penelitian deskriptif. Dilakukan pada bulan Agustus-Desember 2021 di kantor LAZ Zakat Sukses. Teori yang dipakai adalah teori brand strategy milik Sisco Van Gelder. Zakat Sukses telah melakukan semua brand strategy yang diteorikan oleh Gelder. Mulai dari brand positioning, brand identity dan brand personality.Brand positioning Zakat Sukses memberikan advantage kepada customer berupa legalitas dan profesionalisme. Untuk brand identity Zakat Sukses mempunyai latar belakang professional daripendiri Majelis Ta’lim (MT) Telkomsel.  Untuk brand personality Zakat Sukses memilih nama Zakat Sukses ,logo dengan bulan sabit hijau dan hati oranye serta tagline yang berubah-ubah. Nama, logo dan tagline yang menarik membuat para customer menjatuhkan pilihan pada Zakat Sukses.

Keywords

Bisnis, Komunikasi Bisnis, Brand Positioning, LAZ, Zakat

Full Text:

PDF

References

Akasumbawa, M. D. D., Adim, A., & Wibowo, M. G. (2021). Pengaruh Pendidikan, Angka Harapan Hidup dan Jumlah Penduduk Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Negara dengan Jumlah Penduduk Terbesar di Dunia. Riset, Ekonomi, Akuntansi Dan Perpajakan (Rekan), 2(1), 11–20.

Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=59V8DwAAQBAJ

Assa’diyah Dan, H., & Pramono, S. (2019). KENAPA MUZAKKI PERCAYA KEPADA LEMBAGA AMIL ZAKAT? Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 7(1).

Canggih, C., Fikriyah, K., & Yasin, A. (2017). POTENSI DAN REALISASI DANA ZAKAT INDONESIA. Journal of Islamic Economics, 1(1). http://journal.unesa.ac.id/index.php/jie

Cendekia, M. S., Dr. Drs. Ismail Nurdin, M. S., Dra. Sri Hartati, M. S., & 228/JTI/2019, A. I. (2019). METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL. MEDIA SAHABAT CENDEKIA. https://books.google.co.id/books?id=tretDwAAQBAJ

Cholil, A. M. (2018). 101 Branding Ideas: Strategi Jitu Memenangkan Hati Konsumen. Anak Hebat Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=p__2DwAAQBAJ

Deny, S. (2017, August 23). sri-mulyani-ingin-zakat-dikelola-seperti-pajak. Https://Www.Liputan6.Com/Bisnis/Read/3068350/.

Dr. H. Masrukhin, S. A. M. P. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. MEDIA ILMU PRESS. https://books.google.co.id/books?id=OtKREAAAQBAJ

Fatmawati, I., & Hasibuan, S. A. (2023). SERTIFIKAT TANAH WAKAF DALAM SISTEM HUKUM DI INDONESIA. Penerbit Tahta Media.

Furqon, A. (2015). Manajemen zakat. Semarang: CV Karya Abadi Jaya.

Hafidz, S. S. (2021). KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA. Unitomo Press. https://books.google.co.id/books?id=1fBaEAAAQBAJ

Hidayat, A., & Mukhlisin, M. (2020). Analisis Pertumbuhan Zakat Pada Aplikasi Zakat Online Dompet Dhuafa. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 675–684.

Malau, L. A. (2023). MEMPREDIKSI KEMISKINAN MENURUT KABUPATEN DI KOTA MEDAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS RANTAI MARKOV.

Mamik Dr. (2105). Metodologi Kualitatif. Zifatama Jawara. https://books.google.co.id/books?id=TP_ADwAAQBAJ

Mujib, F., & Saptiningsih, T. (2021). School Branding: Strategi di Era Disruptif. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=_ZAfEAAAQBAJ

pemerintah-perkuat-pengelolaan-zakat-melalui-unit-pengumpulan-zakat#:~:text=Berdasarkan%20data%20yang%20dikeluarkan%20oleh,sebesar%20239%20Trilyun%20per%20tahunnya. (2022, October 31). Https://Www.Kemenkopmk.Go.Id/.

Rahmadhani, Y., & Lubis, E. E. (2017). Strategi Branding Portal Online www. tripriau. com Dalam Membangun Brand awareness Sebagai Portal Online Pariwisata Provinsi Riau. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 4(1), 1–15.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=qy1qDwAAQBAJ

Setiawati, S. D. (2019). Strategi membangun branding bagi pelaku usaha mikro kecil menengah. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 125–136.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN. Literasi Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=QPhFDwAAQBAJ

Susanti, E., & Oskar, D. P. (2018). Strategi branding dalam membangun ekuitas merek UMKM (Studi kasus: Pusat oleh-oleh Kota Padang). IKRAITH-EKONOMIKA, 1(2), 116–130.

Tedja Wijaya, Z., Anita Herawati, F., & Atma Jaya Yogyakarta Jl Babarsari No, U. (2013). Penyusunan dan Implementasi Strategi Branding Produk Kuliner dalam Membentuk Brand Knowledge sebagai Oleh-Oleh Khas Kabupaten Madiun (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Penyusunan dan Implementasi Strategi Branding Brem “Tongkat Mas†dalam Membentuk Brand Knowledge sebagai Brem Khas Kabupaten Madiun).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.