Akurasi Arah Kiblat Bangunan Mesjid di Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe

T Saifullah, Teuku Yudi Afrizal, Albert Alfikri, Dara Wulandari

Abstract

Kajian tentang arah kiblat masuk dalam kajian hukum Islam karena meskipun menggunakan dasar hisab atau perhitungan, akan tetapi landasan berpijaknya adalah syariat Islam. Dalam kajian Hukum Islam disebutkan bahwa menghadap kiblat  dalam salat adalah salah satu syarat sah salat. Berdasarkan data dari Kemenag tahun 2020 di Daerah Jawa ditemukan bahwa sebagian besar tempat ibadah muslim dibangun dengan tidak mempertimbangkan arah kiblat yang sebenarnya. Artinya ditemukan banyak arah kiblat tempat ibadah muslim melenceng dalam batas yang tidak dapat ditolerir. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif yang dapat digolongkan dalam jenis penelitian terapan karena dalam penelitian ini peneliti menerapkan perhitungan segitiga bola untuk melakukan pengujian akurasi arah kiblat pada tempat ibadah muslim yang ada di Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe. Jumlah tempat ibadah muslim di Kecamatan Banda Sakti adalah 64 yang terdiri dari 18 bangunan mesjid, dan  46 lainnya adalah  menasah atau mushola. Dalam penelitian ini tidak semua tempat ibadah tersebut akan diuji akurasi arah kiblatnya.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 5 meesjid yang dilakukan uji akurasi arah kiblat ditemukan bahwa Azimut Kiblat Mesjid Baitul Khairat dan Mesjid Syuhada menunjukkan hasil akurat. Sedangkan 3 mesjid lainnya tidak akurat dimana azimut kiblat bangunan mesjid Al-Mukhlisin Kota Lhokseumawe menunjukkan kemelencangan yang lebih besar dari lainnya yaitu 9° 4' 12"  (9.07 derajat) ke arah Utara dari Azimut Bangunan.

Keywords

Akurasi, Arah Kiblat. Banda Sakti

Full Text:

PDF

References

Alfaruqi, Daniel. 2018. Akurasi Arah Kiblat dengan Akurat Time di Kecamatan Mesuji Makmur, Thesis Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta: Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah.

BPS Kota Lhokseumawe. 2021. Kecamatan Banda Sakti dalam Angka. Lhokseumawe: Badan Pusat Statistik Kota Lhokseumawe.

Erviana, Yeyen. 2012. Akurasi Arah Kiblat Mesjid Agung Banten, Skripsi Sarjana fakultas Syariah IAIN Walisongo, Semarang: Perpustakaan IAIN Walisongo.

Hambali, Slamet. 2012. Metode Pengukuran Arah Kiblat Dengan Segitiga Siku-Siku Dari Bayangan Matahari Setiap Saat, Thesis Pascasarjana IAIN Walisongo, Semarang: Perpustakaan IAIN Walisongo.

Izzuddin, Ahmad. 2004. Menentukan Arah Kiblat Praktis, Yogyakarta: Logung Pustaka.

Kadir, A., 2012. Formula Baru Ilmu Falak, Jakarta; Penerbit Amzah, 2012.

Khazin, Muhyiddin. 2004. Ilmu Falak dalam Teori dan Praktek, Yogyakarta: Buana Pustaka.

Khin, Musthafa al, 2007. al-Fiqh al-Manhaji, Beirut: Dar asy-Syamsiyah, jilid I, cet.8.

Sabiq, Sayyid, 1990. Fiqhus Sunnah Jilid I, Mesir: Darul Fatah li I’lam Arabi.

Thayyar, Abdullah ath, 2006. Ensiklopedia Shalat, Terj. A. M.Halim. Jakarta: Magfirah Pustaka.

Tim Penyusunan KBBI, 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Zuhaily, Wahbah al, 2012. Al-fiqhu Asy-syafi’i al-Muyassar, Terj. M. Afifi, Jakarta Timur: Almahera.

Sugiyono, Sugiyono (2010) Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. ALFABETA Bandung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.