Perbedaan Pembelajaran Daring Dengan Pembelajaran Luring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X di SMKN 1 Boyolangu Tahun Ajaran 2021/2022

Chalvin Pio Danika, Yandria Elmasari

Abstract

Teknologii informasi idan komunikasii (TIK) atau Information and Communication Technology (ICT) i telah memberikani pengaruh yang isangat besar dalami kehidupan manusia dan salah satunya di bidang pendidikan. Pembelajaran Daring Learning sendiri dapat di pahami sebagai pendidikan formal yang diselenggarakan oleh sekolah yang peserta didiknya dan instrukturnya (guru) berada di lokasi terpisah sehingga memerlukan sistem telekomunikasi interkatif sebagai media penghubung keduanya dan berbagai sumber daya yang diperlukan didalamnya. Meski banyak kemudahan dan edukasi dalam pembelajaran online nyatanya hasil survey yang dilakukan Peneliti di lingkup SMK Negeri 1 Boyolangu menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan mengenai pembelajaran daring serta hasil belajar di kelas kontrol dan kelas eksperimen pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Melalui penelitian ini, peneliti bermaksud Untuk mengetahui apakah ada pengaruh efektifitas pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X Jurusan Rekasaya Perangkat Lunak di SMK Negeri 1 Boyolangu Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini didukung dengan menggunakan perangkat lunak (software) Statistical Package for Social Sciences (SPSS) versi 22.0. Penelitian ini menunjukkan Terdapat perbedaan yang signifikan mengenai pembelajaran daring dan juga hasil belajar di kelas kontrol dan kelas eksperimen pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X jurusan Rekayasa Perangkat Lunak   SMK Negeri 1 Boyolangu.

Keywords

Hasil Belajar, Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References

Ambarsari, R. Y. (2021). Evaluasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Di Kecamatan Bulukerto Wonogiri. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 8(1), 28–35.

Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Destrinelli, D. (2017). Pengaruh Pemberian Hadiah Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 124–139. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6822

Dimyati dan Mudjiono. (2012). Belajar dan Pembelajaran.

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2012). Taksonomi Bloom-revisi ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk pembelajaran, pengajaran dan penilaian. Premiere Educandum, 2(2), 99–177. http://marefateadyan.nashriyat.ir/node/150

Jamil, S. H., & Aprilisanda, I. D. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA PADA MASA PANDEMIK

COVID-19. Behavioral Accounting Journal, 3(1). https://doi.org/10.33005/baj.v3i1.57 Kaliky, P. I. (2013). Pemanfaatan Internet Dalam Pembelajaran Mahasiswa. Jurnal Komunikasi KAREBA, 2(1), 110–120.

Mustakim, D. (2019). On-line Learning: Suatu Paradigma Baru dalamPembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Modern, 4(2),

Nakayama, M., Yamamoto, H., & Santiago, R. (2007). Relationship between learner characteristics and learning performance in hybrid courses among Japanese students. Proceedings of the International Conference on E-Learning, ICEL, 2007-Janua(3), 341–349.

Nugroho, F. H., Ningsih, I. W., Wahyuni, E., & Ahmaddien, I. (2020). Analisis Pengaruh Pandemi Dan Pembelajaran Secara Daring Terhadap Prestasi Melalui Variabel Intervening Keadaan Ekonomi Mahasiswa Universitas Sangga Buana Ypkp Bandung. Jurnal EBI, 2(2), 11–19. https://doi.org/10.52061/ebi.v2i2.18

Riduwan. (2006). Metode dan Teknik Menyusun Tesis.

Septantiningtyas, N. (2018). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Aplikasi Google Class Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 131–135. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.714

Siyoto, S., & Ali, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta :Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2015a). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2015b). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan mR&D). Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Yolandasari, M. B. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Ii A Mi Unggulan Miftahul Huda Tumang Cepogo Boyolali Tahun Pelajaran 2019/2020. In Orphanet Journal of Rare Diseases (Vol. 21, Issue 1) Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Yusuf, A. M. (2015). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Kencana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.