Evaluasi Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Gorontalo: Temuan Tracer Study

Nurlaila Husain, Helena Badu, Nur Qalbi Andini A, Rasuna Rasid Talib, Sayama Malabar

Abstract

Tracer study digunakan untuk mengevaluasi keberhasilan Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Gorontalo dalam mempersiapkan lulusan yang relevan dengan dunia kerja. Penelitian ini menganalisis data dari 15 alumni lulusan tahun 2022-2024 dengan pendekatan kuantitatif deskriptif menggunakan kuesioner daring. Data yang dikumpulkan mencakup profil lulusan, pekerjaan dan karier, relevansi kurikulum, evaluasi kompetensi, dan kepuasan terhadap program studi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar lulusan bekerja di sektor pendidikan formal, seperti guru dan dosen, sementara sebagian lainnya berkarier di bidang non-formal, seperti pengelola lembaga kursus dan wirausahawan. Sebanyak 86,7% responden merasa pekerjaan mereka sesuai dengan bidang pendidikan, dan 93,3% mendapatkan pekerjaan dalam waktu kurang dari tiga bulan setelah lulus. Kurikulum dinilai relevan, khususnya dalam meningkatkan kemampuan mengajar, berpikir kritis, komunikasi, dan manajerial. Namun, alumni menyarankan penyesuaian kurikulum, seperti integrasi teknologi terkini dan pelatihan berbasis Artificial Intelligence (AI). Sebagian besar alumni merasa puas dengan program ini, dengan 80% sangat merekomendasikannya kepada calon mahasiswa lain. Meski demikian, keterbatasan penelitian ini meliputi jumlah responden yang terbatas, teknik pengambilan sampel, dan tidak adanya masukan dari pihak pengguna lulusan. Kesimpulannya, program studi telah berhasil mempersiapkan lulusan untuk dunia kerja, namun perlu terus meningkatkan kurikulum dan layanan untuk mendukung daya saing lulusan di masa depan

Keywords

tracer study, evaluasi program, pendidikan bahasa Inggris, relevansi kurikulum, kepuasan alumni

Full Text:

PDF

References

Amaliyah, N., & Kusumawati, E. (2024). Study Penelusuran terhadap Alumni pada Program Studi Magister Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana UHAMKA. *Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar*, 9(2), 5057-5065.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th Ed). Sage Publications.

Daeng, A., Rois, I., & Paranata, A. (2021). Analisis Penelusuran Alumni (Tracer Study) Pada Pengguna Alumni Program Studi Iesp Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mataram Lulusan Tahun 2014-2019. Journal of Economics and Business, 7(1), 40-65.

Fajaryati, N., Pambudi, S., Priyanto, P., Sukardiyono, T., Utami, A. D. W., & Destiana, B. (2015). Studi Penelusuran (Tracer Study) Terhadap Alumni Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(1), 44-45.

Harvey, L. (2001). Defining and Measuring Employability. Quality in Higher Education, 7(2), 97-109.

Hodgman, M. R. (2018). Employers’ Perspectives on the Performance of Higher Education Institutions in Preparing Graduates for the Workplace: A Review of the Literature. Business and Economic Research. Vol 8. No.3

Kolb, D. A. (2015). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Pearson Education.

Robles, M. M. (2012). Executive Perceptions of the Top 10 Soft Skills Needed in Today’s Workplace. Business Communication Quarterly, 75(4), 453-465.

Schwab, K., & Malleret, T. (2020). Covid-19: The Great Reset. Cologne/ Geneva: Forum Publishing.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tomlinson, M. (2017). Forms of graduate capital and their relationship to graduate employability. Education + Training, 59(4), 338–352.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.