I’jaz Bayani Pada Ayat-Ayat Alquran

Idris Siregar, Nadilla Putri, Imelda Fedian

Abstract

Pada tulisan ini membahas tentang I’jaz Bayani. Penelitian ini mengkaji pada ayat-ayat Alquran yang mengandung tentang I’jaz bayani. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengertian dari I’jaz bayani, ayat-ayat yang mengandung I’jaz bayani dan satu keistimewaan Alquran pada I’jaz bayani. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan tafsir tematik dan kajian pustaka. Hasil analisis dari penelitian ini menggunakan buku ataupun jurnal terdahulu. Adapun hasil dari pembahasan I’jaz bayani yaitu susunan perkataan dalam ayat-ayat Alquran yang akhirnya menyelarakan makna ayat-ayat tersebut yang tinggi dan indah. 

 

Keywords

I’jaz; Bayani; Ayat-Ayat Alquran

Full Text:

PDF

References

Agus Salim Syukran. “Fungsi Al-Qur’an Bagi Manusia.” Al-I’jaz 1, no. 1 (June 2019).

Karimah Mat Zein, Sharifah Norshah Bani Syed Bidin. “Ayat-Ayat Terpilih Berkaitan Dengan Botani Dan Geologi Dalam Al-Qur’an Kajian Dari Aspek I’jaz ’ilmi Dan Hubungannya Dengan Akidah.” Jurnal Islam Masyarakat Kontemporer 21, no. 1 (December 7, 2019).

Khairul Asyraf, Mohd sukki,. “, I’jaz Bayaniy Dan Perkembangan Kajian Menerusi Alquran.” Jurnal Al-abqari 24, no. 1 (2021).

Mohd Sharizal Nasir. “Al-I’jaz al-Bayani Pada Ayat-Ayat Alquran.” Jurnal Darul Qur’an (2012).

Munzir Hitami. Pengantar Studi Al-Qur’an: Teori Dan Pendekatan. Yogyakarta: Lkis Printing Cemerlang, 2012.

Sofwan Mulyawan. “I’jaz Bayani Menurut Al-Rummani Dalam Al-Nukat Fi I’jaz Alquran,.” Jurnal el-Ibtikar 4, no. 2 (December 2015).

Umar Al-Faruq, Eka Putri Septyawati, Rosalina Cahya Putri, Mohd Muchlis, Bahrul Ulum. “Menyingkap Kemukjizatan Bahasa, Ilmu Pengetahuan, Dan Aspek Ghaib Dalam Alqur’an.” Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 3 (2024): 1–14.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.