Pengaruh Norma Subjektif, Religiusitas dan Pendapatan Terhadap Niat Berinvestasi Saham Syariah Pada Masyarakat Kota Pekanbaru Tahun 2024
Abstract
Perekonomian di Indonesia sangat bergantung pada investasi di pasar modal. Mayoritas masyarakat Indonesia adalah muslim dengan adanya investasi Syariah di pasar modal dapat membuka jalan masyarakat untuk berinvestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh norma subjektif, religiusitas dan pendapatan terhadap niat berinvestasi saham Syariah pada masyarakat kota pekanbaru tahun 2024. Populasi penelitian ini adalah masyarakat yang berminat untuk berinvestasi saham Syariah di kota Pekanbaru. Jumlah sampel penelitian berjumlah 100 orang dengan metode insidental sampling dan menggunakan rumus Cochran. Analisis data penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh norma subjektif, religiusitas, dan pendapatan terhadap niat berinvestasi saham Syariah. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung (228,637) > Ftabel (2,70) dengan Sig. (0,000) < 0,05. Koefisien determinasi diperoleh 0,877 atau 87,7% terhadap Niat Investasi Saham Syariah, dan untuk sisanya sejumlah 12,3% terpengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ancok., D., & Anshori., F. (2005). Psikologi Islam: Solusi Islam Atas Problem-Problem Psikologi. Yogyakarta: Andi.
Bayu, GP, Mukhtar, S., & Sariwulan, T. (2024). Pengaruh Norma Subjektif dan Pengetahuan Investasi terhadap Keputusan Investasi melalui Minat Investasi sebagai Variabel Intervening. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin , 3 (3), 253–258. https://doi.org/10.56799/jim.v3i3.2991
Dewi, E.K., & Rahadi, R.A. (2020). A Conceptual Study of Technology Adoption 56 of Online Mutual Fund Investment Platform. European Journal of Business and Management Research, 5(3), 1–5.
Fauzan, M., & Suhendro, D. (2018). Peran pasar modal syariah dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia, Human Falah: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 5 (1), 69-95.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 (10th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Kepribadian. Yogyakarta: Andi.
Muttaqin, R., & Ayuningtyas, R.D., (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Religiusitas Dan Pendapatan Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal Syariah (Studi Pada Masyarakat Milenial Kota Semarang). Jurnal of Management and Business. 5 (1) https://doi.org/10.26877/sta.v5i1.12008
Pambudi, A. P. S. (2017). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif Dan Kontrol Keperilakuan Terhadap Intensi Berinvestasi Di Saham Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta). Skripsi skripsi, Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Pratama,. H. A. (2020). Minat Masyarakat Terhadap Reksadana Syariah: Peran Religiusitas, Literasi Keuangan. Skripsi skripsi, Universitas Islam Indonesia.
Raut, R. K. (2020). Past Behaviour, Financial Literacy And Investment Decision-Making Process Of Individual Investors. International Journal Of Emerging Markets, 15(6), 1243–1263. Https://Doi.Org/10.1108/Ijoem-07-2018-0379
Setyowati, S., Kholisoh, L., & Untara. (2021). Pengaruh Pendapatan Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi. 17 (01) Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Kewirausahaan http://dx.doi.org/10.59112/ekowir.v17i01.186
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Ulfa., S.M., & Suarmanayasa., I. N. (2023). Pengaruh Norma Subjektif, Return, Risiko dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Undiksha. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 5 (1), 156-164. S.M. Ulfa & I.N. Suarmanayasa, , 5(1), , 2023, 156-164.
Refbacks
- There are currently no refbacks.