Hubungan Dukungan Sosial Dengan Flow Akademik Siswa di SMAN 8 Gowa

Wardaniati W, Muh. Ahkam A, Andi Halima

Abstract

Flow akademik mencakup kelancaran, keberhasilan, dan pengalaman siswa dalam sistem pendidikan. Kurikulum yang monoton dalam pengajaran konvensional di sekolah menyebabkan siswa bosan dalam pembelajarannya. Permasalahan kebosanan di sekolah dapat menjadi faktor yang mengganggu proses pendidikan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan flow akademik pada siswa di SMAN 8 Gowa. Dalam penelitian ini, sebanyak 305 siswa menjadi subjek penelitian. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala dukungan sosial dan skala flow akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan uji korelasi Spearman Rho. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat hubungan positif antara dukungan sosial dan flow akademik pada siswa. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,587 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Hasil ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi tingkat dukungan sosial yang diterima oleh siswa, semakin tinggi pula tingkat flow akademik yang mereka alami. Temuan ini memiliki implikasi penting dalam konteks pendidikan. Dukungan sosial yang diberikan oleh guru, teman sebaya, dan keluarga dapat memengaruhi pengalaman belajar siswa. Ketika siswa merasa didukung secara sosial, mereka cenderung lebih terlibat dalam proses pembelajaran, fokus, dan merasa lebih percaya diri dalam menghadapi tugas-tugas akademik.

Keywords

Dukungan Sosial, Flow Akademik, Siswa SMA

Full Text:

PDF

References

Ahmadi, A dan Supriyono, W. (1991). Psikologi belajar, (cetakan ke-1). Jakarta: PT. Rineka

Aini, N. Q., dan Fahriza, I. (2020). Flow Akademik Pada Pendidikan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 369-376.

Aini, N. Q., Ilfiandra, I., dan Saripah, I. (2019). Aspek-Aspek Flow Akademik. Journal Of Innovative Counseling: Theory, Practice, And Research, 3(02), 43-51.

Alfarabi, A. (2017). Hubungan Tingkat Religiusitas Dengan Flow Akademik Pada Siswa34 (Doctoral Dissertation). Universitas Muhammadiyah Malang.

Amalia, A. R. (2022). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Gerak Kelas XI SMAN 8 Gowa. (Skripsi). Universitas Negeri Makassar.

Azwar, S. (2018). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chandra, R. (2013). Go With The Flow: Dukungan Sosial Dan Flow Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 2(1), 1-19

Covington, M. V. (1992). The Will to Learn: A Guide for Motivating Young People. Inggris: Cambridge University Press.

Csikszentmihalyi, M., Csikszentmihalyi, M., Abuhamdeh, S., & Nakamura, J. (2014). Flow. Flow And The Foundations Of Positive Psychology: The Collected Works Of Mihaly Csikszentmihalyi, 227-238.

Hidayati, N., dan Aulia, L. A. A. (2019). Flow Akademik Dan Prokrastinasi Akademik. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 6(2), 128-144.

Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. (4th ed.). Depok: Rajawali Pers.

Husna, N., dan Rosiana, D. (2015). Hubungan social support dengan flow pada mahasiswa fakultas psikologi. Prosiding psikologi, 574-579.

Jannah, E. R. (2020). Analisis Korelasi Self Efficacy Dan Flow Akademik Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan YPM (Yayasan Pendidikan Maarif) 5 Sukodono Sidoarjo. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 10(1), 17-26

Larasati, I. (2017). Hubungan antara Dukungan Sosial dan Optimisme dengan Subjective Well Being Pada Remaja Tuna Daksa di BBRSBD Prof. Dr. Soeharso Surakarta. (Skripsi). Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.

Lesmana, T. (2019). Hubungan Antara Academic Self-Concept Dan Academic Self-Efficacy Dengan Flow Pada Mahasiswa Universitas X. Jurnal Psikologi Ulayat, 6(2), 117-134.

Markamad, A., dan Khuzaemah, K. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Flow Akademik. In Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (Pp. 201-206).

Masviyah, R. J., dan Mariyati, L. I. (2021). Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Religiusitas Dengan Flow Akademik Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Siduarjo. In Seminar Nasional Psikologi Dan Ilmu Humaniora (SENAPIH) (Vol. 1, No. 1, Pp. 160-172).

Matsuda, T., Tsuda, A., Kim, E., & Deng, K. (2014). Association Between Perceived Social Support And Subjective Well-Being Among Japanese, Chinese, And Korean College Students. Psychology. 5, 491-499.

Novitasari, K. T., Hidayati, F., dan Setyowati, R. (2020). Relationship between social support and commitment to the task with academic flow to students. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 6(1), 21-28.

Parman, R. (2019). Pengaruh Efikasi Diri, Dukungan sosial Dan Flow Akademik Terhadap Keterlibatan Siswa Di Sekolah (Doctoral Dissertation). Universitas Muhammadiyah Malang.

Paryontri, R. A., Affandi, G. R., dan Suprapti, S. (2021). Peranan School Well–Being pada Flow Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama. Psikodimensia, 20(2), 196-206.

Reksoatmodjo, S. M. (2009). Statistika Untuk Psikologi dan Pendidikan. Bandung: Pt. Refika Aditama.

Rijavec, M., Ljubin Golub, T., & OlÄar, D. (2016). Can learning for exams make students happy? Faculty-related and faculty-unrelated flow experiences and well-being. Croatian Journal of Education: Hrvatski Äasopis za odgoj i obrazovanje, 18(Sp. Ed. 1), 153-164.

Sanjaya, O. D. (2019). Hubungan Antara Dukungan Sosial Guru dengan Student Engagement pada Siswa MAN 2 Banjarnegara. (Skripsi). Universitas Negri Semarang.

Sarafino, E. P., dan Smith, T. W. (2011). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions. USA: John Wiley dan Sons.

Shernoff, D.,J Csikszentmihalyi, M., Schneider, B., & Shernoff, E.,S. (2003). Student engagmentin high school classroom from the perspective of flow theory. School psychology quarterly, 18, 158-176.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RdanD. Bandung : ALFABETA.

Supriadi, S. W. (2020). Pengaruh Problem-Focused Coping Dan Dukungan sosial Terhadap Psychological Well-Being Pada Generasi Y (Doctoral Dissertation). Universitas Negeri Jakarta.

Uran, A. L., Leton, S. I., dan Uskono, I. V. (2019). Pengaruh Efikasi Diri Dan Dukungan Sosial Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 1(1), 69-76.

Widhiarso, W. (2010). Membuat Kategori Skor Hasil Pengukuran dari Skala. (Artikel). Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada. Diakses pada 3 Oktober 2023 dari https://acrobat.adobe.com/id./urn:aaid:sc:AP:8d760edf-b021-4eb9-bca7-73f126c0e935

Winarsunu, L. (2007). Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan. Malang: Umm Press

Wistarini, N. N. I. P., dan Marheni, A. (2019). Peran dukungan sosial keluarga dan efikasi diri terhadap stres akademik mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Udayana angkatan 2018. Jurnal Psikologi Udayana Edisi Khusus Psikologi Pendidikan, 164-173.

Yuwanto, L. (2013). The flow inventory for student: validation of LIS. Aniama, indonesian psychological journal. 26 (4), 281-286.

Zimet. G.. Dahlem, N., Zimet, S. & Farley. G. (1988). The multidimensional scale of perceived social support. Journal of Personality Assessment. 52(1), 30-41.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.