Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Kedisiplinan Siswa SMA X di Kota Bantaeng

ST. Fathimah Az Sahrah AS, Kurniati Zainuddin, Andi Halima

Abstract

Ketidakpatuhan siswa terhadap aturan dan norma sekolah dapat mengakibatkan masalah yang serius dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial orang tua dengan kedisiplianan pada siswa SMA X di Kota Bantaeng. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA X di Kota Bantaeng yang berjumlah 316 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala dukungan sosial orang tua dan skala kedisiplinan siswa. Tehnik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Data penelitian ini dianalisis dengan tehnik analisis uji Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial orang tua dengan kedisiplinan siswa. Hubungan kedua variabel ditunjukkan dengan nilai kofisien korelasi (r = 0.000 dan p = 0.200). Semakin tinggi dukungan sosial orang tua maka semakin tinggi kedisiplinan siswa SMA X di Kota Bantaeng. Implikasi penelitian ini yaitu dapat menjadi dasar untuk pengembangan program pembinaan kedisiplinan yang lebih efektif. Program ini dapat melibatkan kegiatan pembelajaran khusus, pelatihan bagi siswa dan guru, serta dukungan psikososial untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan kedisiplinan.

Keywords

Dukungan Sosial Orang Tua, Kedisiplinan, Siswa SMA

Full Text:

PDF

References

Apriyadi, N. (2018). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa Sd Negeri 45 Kota Bengkulu (Skripsi), IAIN Bengkulu.

Hurlock, B Elizabeth. (1978). Jilid 2.Perkembangan Anak Edisi keenam (Med. Meitasari Tjandrasa.Terjemahan). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Azwar, S. (2015). Dasar-Dasar Psikometrika Edisi II. Yogyakarta: Pustaka

Azwar, S. (2018). Reliabilitas dan Validitas Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baron, R. A., Byrne, D. (2004). Psikologi sosial (terjemahan Ratna Djuwita). Jakarta: Erlangga

Cohen, S. (2004). Social Relationships and Health. American Psychologist, 59(8), 676–684

Cutrona, C. E., & Russell, D. W. (1987). The provisions of social relationships and adaptation to stress. Advances in personal relationships, 1, 37-67.

Desyantoro, I., Widyawati, S., & Winta, M. V. I. (2020). Hubungan antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Kedisiplinan pada Peserta Didik SMP Hasanuddin 10 Kota Semarang. Philanthropy: Journal of Psychology, 4(1), 34-44.

Febriani, U. F., & Sugiarti, R. (2021). Pengaruh Kontrol Diri dan Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Kedisiplinan pada Siswa SMK Dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening. Philanthropy: Journal of Psychology, 5(1), 92-108.

Haryono, S. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Swasta Depok. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3), 261-274.

Kurniawan, A., & Agustang, A. (2022). Faktor Penghambat tingkat kedisiplinan Siswa di SMAN 1 BANTAENG. Pinisi Journal Of Sociology Education Review, 1 (3), 120-126

Lee,S, & Detels, R. (2007). The effects of social support on mental and beha†vioral outcomers among adolescents with parents with HIV/AIDS. Journal of Public Health. United States, 97 (10), 1820-1826

LW, K. (2019). Pengaruh kecerdasan sosial terhadap kedisiplinan siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Mojosari Kabupaten Mojokerto (Skripsi) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Mulis, S. (2021). Pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap pengambilan keputusan studi lanjut siswa SMAN 1 Bululawang (Skripsi) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Mustikaningtyas, K. A., & Wiryosutomo, H. W. (2020). Pengaruh Keterlibatan Orangtua dan Dukungan Teman Sebaya terhadap Perilaku Disiplin Siswa di Sekolah SMKN 6 Surabaya. Jurnal Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, 11(2).

Nugraheni, S. (2019). Hubungan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 30-36.

Pujawati, Z. (2015). Hubungan Kontrol Diri dan Dukungan Orang Tua Terhadap Perilaku Disiplin Pada Santri. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(3), 321–330.

Sani, D.N., Fandizal, M., Astuti, Y. (2020). Hubungan dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar mahasiswa keperawatan. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia, 4(2), 110-114

Sani, M. K. (2019). Hubungan Pemberian Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Disiplin Belajar Siswa SD Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi, 4, 317-326

Sarafino, E. P. 1998. Health Psychology: Biopsychososial Interactions. Third edition. New York: John Wiley and Sons, Inc.

Slameto, (2023). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Smet, B. (1994). Psikologi Kesehatan. Jakarta: Grasindo

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Edisi Kedua. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Unaradjan, D. (2003). Manajemen disiplin. Jakarta: PT Grasindo.

Warman, B. (2016). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Kota Jambi. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1), 209665

Wicaksono, D. A. (2014). Kedisiplinan siswa ditinjau dari dukungan sosial dan pola asuh otoriter orang tua pada siswa yang berlatar belakang berbeda (tni dan non-tni). Widya Warta, 1(38). 132-141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.