Pengaruh Halal Awareness dan Halal Certification Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Mixue (Studi Kasus Pada Kecamatan Medan Johor)

Muhammad Afif Raihan, Amrin Mulia Nst, Dahrul Siregar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh halal awareness dan halal certification terhadap minat beli konsumen produk mixue (studi kasus pada kecamatan medan johor). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Mixue yang terdapat pada kecamatan Medan Johor. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non Probability Sampling dengan cara Accidental Sampling dengan jumlah sampel yang di peroleh adalah 120 responden. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software SPSS 21 for windows. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linear berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi R². Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa halal awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dan halal certification berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli.

Keywords

Halal Awareness, Halal Certification, Minat Beli

Full Text:

PDF

References

Ab Talib, Mohamed Syazwan dkk. (2016). “Emerging Halal Food Market: AN Institutional Theory of Halal Certificate Implementation.†Journal of Management Research Review 39(9):987–99.

Abdul Aziz, Y. & Vui, C. N. (2012). “The Role of Halal Awareness and Halal Certification in Influencing Non-Muslim‟s Purchasing Intention.†Paper Presented at 3rd International Conference on Business and Economic Research (3rd ICBER 2012) Proceeding, 1819-1830.

Abdurachman. (2004). ““Analisis Faktor-Faktor Yang Menimbulkan Kecenderungan Minat Beli Konsumen Sarung (Studi Perilaku Konsumen Sarung Di Jawa Timur) “.†Jurnal Universitas Kristen Petra Surabaya.

Ahmad, N. A., Abaidah, T. N. T., & Yahya, M. H. A. (2013). “A Study on Halal Food Awareness among Muslim Customers in Klang.†In 4th International Conference on Business and Economic Research. 1073–1087.

Ambali, A.B & Bakar, A. .. (2014). “‘People’s Awareness on Halal Foods and Products: Potential Issues for Policy-Marker’.†Procedia-Sosial and Behavior Sciences 121 3–25.

Anggraeni, L. E., & Prabowo, R. (2015). “Analisis Beban Kerja Untuk Menentukan Jumlah Karyawan Optimal.†Studi Kasus: PT. Sanjayatama Lestari Surabaya.

Azis, Y.A, & Nyen, V. .. (2013). “The Role of Halal Awareness, Halal Certification, and MarketingCompenents Ini Determining Halal Purchase Intention Among Non-Muslims in Malaysia : A Structural Equation Modeling Approach.†&Agribusiness, Journal of International Food Marketing. (25)(1):1–23.

Binalay, A. G., Mandey, S. L., & Mintardjo, C. M. (2016). “Pengaruh Sikap, Norma Subjektif Dan Motivasi Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Di Manado.†Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4 4((1)).

Cindy Mutia Annur. (2022). “Perusahaan F&B Dengan Gerai Waralaba Terbanyak Global (2021).†Databoks.

Dinar Standard. (2023). “State of the Global Islamic Economy Report 2019/2020.†Salaamgateway.Com. Retrieved (https://salaamgateway.com/).

Fauzia, Diah Retno Sufi, Edriana Pangestuti, and Aniesa Samira Bafadhal. (2019). “PENGARUH RELIGIUSITAS, SERTIFIKASI HALAL, BAHAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN.†Jurnal Administrasi Bisnis 66((1)).

Ferdinand. (2009). “Metode Penelitian Manajemen. Edisi 2. Semarang: BP Universitas Diponogoro.â€

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25 (9th Ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.

Golnaz, R., Zainalabidin, M., Mad Nasir, S. and Eddie Chiew. (2012). “Non-Muslims’ Awareness of Halal Principles and Related Food Products in Malaysia.†InternationalFood Research Journal 667–67.

Hasan, K. N. .. (2014). “Kepastian Hukum Sertifikasi Dan Labelisasi Halal Produk Pangan.†Jurnal Dinamika Hukum 14((2)):227–38.

Hidayat, Asep Syarifuddin, and Mustolih Siradj. (2015). “Sertifikasi Halal Dan Sertifikasi Non Halal Pada Produk Pangan Industri.†AHKAM : Jurnal Ilmu Syariah 15(2):199–210. doi: 10.15408/ajis.v15i2.2864.

Huda, N. (2012). “Pemahaman Produsen Makanan Tentang Sertifikasi Halal (Studi Kasus Di Surakarta).†10:1–13.

Maholtra, N. .. (2006). “Riset Pemasaran: Pendekatan Terapan Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks.â€

Muhammad Radityo Priyasmoro. (2022). “Tanda Halal Berlogo MUI Masih Berlaku Hingga Stok Produk Habis.†Liputan6.Com.

Noordin, Nurulhuda, Nor Laila Md Noor, &. Zainal Samicho. (2014). “Strategic Approach to Halal Certification System: An Ecosystem Perspective.†Procedia-Social and Behavioral Sciences 12((1)):79–95.

Nugraha, Ranu, M. Kholid Mawardi, and Aniesa Samira Bafadhal. (2017). “‘Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Muslim Konsumen Mie Samyang Berlogo Halal Korean Muslim Federation Di Kota Malang).’†Jurnal Administrasi Bisnis 50.5 113–20.

Nurcahyo, A. & Hudrasyah, H. (2017). “The Influence of Halal Awareness, Halal Certification, and Personal Societal Perception Toward Purchase Intention : A Study of Instant Noodle Consuption of College Student in Bandung.†6(1.2017).

Rohmah, Azizah Novita and Yoga, Ika. (2019). “Pengaruh Halal Awareness Dan Halal Certiification Terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal.â€

Sugianto Putri, Citra. (2018). “Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli.†Performa : Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis 1(5):594–603.

Sugiarto.dkk. (2010). “Ekonomi Mikro : Sebuah Kajian Komprehensif.†Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2015). “Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.â€

Sugiyono. (2018). “Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.â€

Tatayuliza. (2020). “Pengaruh Produk Halal Dan Minat Beli Konsumen Dengan Sertifikasi Halal Sebagai Variabel Intervening Pada Toko Roti Zulaikha Medan. Universitas Medan Area.â€

Tati, Putri Wahyu, and Edy Yulianto. (2015). “86117-ID-Pengaruh-Country-of-Origin-Dan-Global-Br.†1–10.

Thamrin & Francis. (2012). “Manajemen Pemasaran.†Jakarta: Rajawali Press.

Waskito, Danang. (2015). “PENGARUH SERTIFIKASI HALAL, KESADARAN HALAL, DAN BAHAN M AKANAN TERHADAP MINAT BELI PRODUK MAKANAN HALAL (STUDI PADA MAHASISWA MUSLIM DI YOGYAKARTA).â€

Wijaya, Yan Berlin Angga and Rahardjo, Basuki. (2018). “Labelisasi Halal Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aspek Religiusitas Sebagai Variabel Intervening.â€

Yunus M., Rashid W., Ariffin M., &. Rasyid M. (2014). “Muslim‟s Purchase Intention Towards Non-Muslim‟s Halal Packaged Food Manufacturer. Procedia - Social And Behavioral Sciences.†145 – 154.

Zakaria, Z., Majid, A.N.M., Ahmad, Z., & Zakaria, Z. .. (2016). “Influence of Halal

Certification on Customers‟ Purchase Intention.†Terenggano International Business and Economics Conference, (TiBEC V).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.