Analisis Kendala pada Proses Penerimaan Piutang dari Customers dengan Metode Fishbone (Studi Kasus: PT. Samudera Sriwijaya Logistik)

Seftyana Wiranita Wijaya

Abstract

Setiap individu ataupun organisasi dituntut untuk dapat meningkatkan kualitas diri yang siap bersaing di era globalisasi industri logistik. PT. Samudera Sriwijaya Logistik Palembang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayaran, logistik, dan kepelabuhan. Perusahaan berupaya untuk memberikan solusi dan nilai lebih kepada masyarakat dalam dunia logistik dan pelayaran. Penelitian ini membahas area kerja Finance Section mengenai kendala pada proses penerimaan piutang dari customers di PT. Samudera Sriwijaya Logistik Palembang. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui faktor penyebab yang menjadi kendala pada proses penerimaan piutang dari customers. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Fishbone Diagram, kendala yang terjadi dapat diketahui faktor penyebab terjadinya permasalahan. Hasil dari penelitian menghasilkan 4P faktor penyebab masalah berupa People, Material, Process, dan Procedure serta usulan berupa solusi yang diberikan berdasarkan analisa menggunakan Fishbone Diagram.

 

 

Keywords

Finance Section, Fishbone Diagram, Penerimaan Piutang.

Full Text:

PDF

References

Efendi, G., & Saprudin, S. (2019). Pengaruh piutang usaha dan hutang usaha terhadap arus kas operasi pada PT dunia express tahun 2016-2017. Jurnal Akuntansi dan Perpajakan Jayakarta, 1(1), 12-24.

Kuswardana, A., Mayangsari, N. E., & Amrullah, H. N. (2017). Analisis penyebab kecelakaan kerja menggunakan metode RCA (fishbone diagram method and 5–why analysis) di PT. PAL Indonesia. In Seminar K3 (Vol. 1, No. 1, pp. 141-146).

Yusdinata, Z., Bora, M. A., & Arofah, N. (2018). Analisis Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Dengan Menggunakan Metode Fishbone Diagram. Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI), 3(2), 127-133.

Utami, S. S., & Suryawardani, B. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Menggunakan Fishbone dan Pareto Chart (Studi Kasus pada Toyota Auto 2000 Cabang Cibiru Bandung Tahun 2017). JTIM-Jurnal Teknologi Informasi & Manajemen, 1, 2622-2647.

Badariah, N., Surjasa, D., & Trinugraha, Y. (2012). Analisa supply chain risk management berdasarkan metode failure mode and effects analysis (fmea). Jurnal Teknik Industri, 2(2), 110-118.

Suprianto, Heri. Laporan Kuliah Kerja Magang (KKM) Pengembangan Saluran Distribusi PT. Norbu Inti Cemerlang. Diss. STIE PGRI DEWANTARA, 2019.

Offia, Anglena Dhonna, and Yanet Molina. "MEMBANGUN LEARNING ORGANIZATION DI SAMUDERA INDONESIA GROUP (SIG)." Journal of Management and Business Review 9.1 (2012)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.