Proses Kognitif Kompleks

Fauziah Nasution, Afrah Nadhilah Hasibuan, Ghina Nabilla, Khoiriyah Anggina Br. Lubis

Abstract

Setiap orang memiliki kemampuan berpikir sebagai suatu proses kognitif yang tertanam dalam diri mereka sendiri, dan proses ini menjadi semakin rumit seiring perkembangan mereka. Kemajuan ini memerlukan pemahaman tentang kemampuan berpikir kreatif, kritis, logis, dan struktural. Untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber bacaan, seperti buku dan artikel akademis, ini melibatkan tinjauan literatur. Mengarahkan siswa untuk membuat peta pikiran dan merumuskan pertanyaan yang mendorong analisis adalah bagian dari membantu mereka menjadi pemikir yang terampil.  Penting bagi guru untuk aktif melibatkan siswa dalam semua aspek kegiatan pembelajaran, menciptakan lingkungan yang mendorong berpikir kreatif dan kritis. Guru juga memainkan peran sentral sebagai mentor dalam membentuk ide dan pemikiran.

Keywords

Proses kognitif kompleks.

Full Text:

PDF

References

Aisyah Siti,Dkk. 2014. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Amidi,& Zahid, M. Z.(2016). Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-Learning. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016,586-594

Santrock, Jhon W. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Kencanaa

Asmaroini, Ambairo Puji, Sulton, Sulton and Sunarto, Sunarto (2018) SISTEM DEMOKRASI DI INDONESIA. UMP Press, Ponorogo. ISBN 978-602-0815-47-3.

Asmaroini, A. P. (2016). Pengembangan paket pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan model Degeng untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Sawoo Kabupaten Ponorogo. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 41-48. doi:10.24269/dpp.v3i2.84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.